The Latest Collection of News About Banyuwangi
English VersionIndonesian

Drive Market Competitiveness, Banyuwangi Facilitates UMKM Go Digital

TIMES BANYUANGI, BANYUWANGI – Adanya platform digital makin memberikan segudang manfaat bagi pertumbuhan bisnis online khususnya bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Sistem perdagangan yang dilakukan secara digital ini memiliki pengaruh dan manfaat tersendiri bagi para pelaku UMKM Kabupaten Banyuwangi dalam upaya pengembangan bisnis mereka.

Hal tersebut menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kabupaten (district government) Banyuwangi terus melakukan berbagai upaya untuk menaikkan kelas UMKM lokal. One of them, dengan menggandeng perusahaan e-commerce untuk memperluas jangkauan market UMKM melalui pemasaran online.

Kita terus dorong UMKM kita memanfaatkan market place yang sudah ada di Indonesia. Karena ini keniscayaan, memperluas pasar UMKM harus lewat pemasaran online,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, saat membuka workshop perpajakan dan marketing online di Pendopo Kabupaten Banyuwangi, Thursday (17/2/2023).

Workshop yang diikuti 250 pelaku UMKM ini menghadirkan langsung pelaku e-commerce dari PT. Shopee Indonesia serta Kantor Pajak Pratama Banyuwangi.

Kita tidak akan pernah bosan meng-up grade kemampuan UMKM lokal. Mulai membantu pengemasan produk, meningkatkan kualitas produk, memfasilitasi sejumlah ijinnya, serta memperluas pasarnya. Berbagai pelatihan akan terus kita gelar,” said Ipuk.

Ipuk menegaskan, pemkab akan selalu siap mendukung pengembangan UMKM. Beberapa program untuk menaikkan kelas pelaku usaha mikro (UMKM Naik Kelas) akan terus dilanjutkan.

Termasuk program Ongkir Gratis terus kita geber di tahun ini,” said Ipuk.

Dalam workshop tersebut, para pelaku UMKM mendapatkan berbagai materi terkait bisnis online oleh Shopee Indonesia. Mulai dari tata cara, prospek, ragam produk yang paling diminati, hingga keuntungan berbisnis online.

Perwakilan dari Shopee Indonesia, Bagus Kusumawardana menjelaskan, tren berbelanja daring di Indonesia terus meningkat yang dipicu kebiasaan berbelanja online di saat pandemi.

Pasar online semakin diminati karena masyarakat sudah terbiasa bertransaksi secara online kala pandemi. Lewat online shop, pembeli bisa melihat barang di banyak toko tanpa harus pergi kesana-kemari,” kata Bagus.

Bagus lalu membagikan sejumlah trik agar UMKM dapat mendongkrak penjualannya. One of them, dengan melakukan siaran langsung (live) di media sosial.

Cara ini sangat diminati calon pembeli karena mereka bisa berinteraksi langsung dengan penjual untuk menanyakan spesifikasi produk. Ini bisa jadi alternatif untuk mendongkrak penjualan,” kata Bagus.

Meanwhile, dari Kantor Pajak Pratama peserta workshop mendapatkan materi terkait penghitungan, pelaporan, hingga tata cara pembayaran pajak bagi pelaku usaha. Mereka juga bisa berkonsultasi langsung dengan petugas terkait kewajiban pembayaran pajaknya.

On that occasion, juga dilakukan pelantikan pengurus Asosiasi Kuliner Kaos Kerajinan Aksesoris dan Batik (FAMILIAR) Banyuwangi periode 2023-2026.

Kepada pengurus AKRAB yang baru, Ipuk berpesan agar mampu mendorong kreativitas pelaku UMKM.

Sehingga UMKM tetap bisa menjadi penopang perekonomian daerah,” pungkas Ipuk. (*)

herald : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad

source