Pemilihan Ketua RT di Kelurahan Klatak Banyuwangi Digelar Layaknya Pemilu

  • Bagikan
Foto : Suaraindonesia.co.id

Gelaran pesta demokrasi ala kampung baru saja digelar oleh warga masyarakat Lingkungan Tanjung RT 002 / RW 002, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Rabu (12/1/2022) malam.

Pesta rakyat untuk memilih Ketua Rukun Tetangga (RT) yang dibentuk agar membantu pemerintah kelurahan dalam pelayanan itu diselenggarakan dengan cara yang terbilang unik.

Layaknya pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu), pemilihan Ketua RT 002 / RW 002 di Lingkungan Krajan ini juga menggunakan surat suara dengan terdapat foto para calon kandidat.

Terlihat warga juga sangat antusias. Puluhan dari mereka berbondong-bondong mendatangi tempat pemilihan untuk menyalurkan hak suaranya menentukan publik figur di tingkat RT.

Dalam pemilihan Ketua RT ini ada 3 kandidat yang mencalonkan diri. Kandidat nomor urut 1 atas nama Abd Rahman, nomor urut 2 Anwar Holily, nomor urut 3 Hadiyanto. Setiap calon juga membacakan visi misi nya di hadapan warga.

Akhir dari pemilihan, Abd Rahman menang telak atas lawannya. Ia memperoleh sebanyak 30 suara, sedangkan Anwar Holily 5 suara, dan Hadiyanto memperoleh 9 suara.

Sekretaris Kelurahan Klatak, Ali Murtadho yang turut hadir mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam menjaga semangat demokrasi. 

Menurut dia, pemilihan Ketua RT biasanya kebanyakan diselesaikan dengan musyawarah. Namun disini layaknya pemilihan kepala daerah.

“Semua konsep pembentukan kepanitiaan itu murni diinisiasi masyarakat, biasanya musyawarah namun di Klatak ini masyarakat antusias dan melaksanakan seperti pemilihan kepala daerah,” ujar dia.

Pihaknya berharap kepada Ketua RT terpilih agar menjalankan amanah dan bisa menyelesaikan persoalan warganya. “Harapan kami ketika ada masalah di bawah bisa diselesaikan di tingkat RT,” pungkasnya.

Sementara Ketua RT terpilih Abd Rahman mengungkapkan rasa terima kasih atas kepercayaan masyarakat pada dirinya.

Pasca pemilihan, dia juga tetap berharap dukungan warga dalam membangun lingkungan yang tertib dan aman. 

“Saya berharap dukungan dari para warga, baik itu dalam hal kegiatan positif menjaga ketertiban, keharmonisan, kebersihan saling bahu-membahu untuk membangun lingkungan kita tercinta ini,” tutupnya.

Sebagai informasi kegiatan pemilihan Ketua RT 002 / RW 002 di Lingkungan Tanjung, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, turut dijaga ketat babinsa untuk memastikan pelaksanaan berjalan aman dan kondusif.

Sumber : https://suaraindonesia.co.id/news/pemerintahan/61df0029d5408/pemilihan-ketua-rt-di-kelurahan-klatak-banyuwangi-digelar-layaknya-pemilu

Baca :
Tahun 2021, Angka Kemiskinan dan Pengangguran di Kabupaten Banyuwangi Naik
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: