Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Akhiri Polemik Lahan Desa Pakel, Polresta Banyuwangi Pertemukan Warga dan BPN

akhiri-polemik-lahan-desa-pakel,-polresta-banyuwangi-pertemukan-warga-dan-bpn
Akhiri Polemik Lahan Desa Pakel, Polresta Banyuwangi Pertemukan Warga dan BPN
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda
Artikel

Banyuwangi, tvOnenews.com – Konflik sosial yang terjadi di Desa Pakel, Kecamatan Licin, sudah terjadi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Melihat situasi perebutan lahan antara warga Desa Pakel dengan Perkebunan Bumisari yang tidak kunjung tuntas, Polresta Banyuwangi mempertemukan warga Desa Pakel dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banyuwangi.

Dalam diskusi “Menuju Pakel Damai dan Sejahtera” yang diinisiasi Polresta Banyuwangi, Senin (10/6), Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banyuwangi menyampaikan saran adanya mediasi para pihak terkait lahan tersebut. Mediasi dianggap upaya jitu agar persoalan lahan yang sudah menahun tersebut segera ada titik temu.

“Kalau ada sengketa pertanahan, bisa menempuh mediasi. Kami mengusulkan duduk bersama antar pihak yang bersengketa. Lalu, mencari kesepakatan,” kata staf Seksi Perkara dan Sengketa BPN Banyuwangi, Eko Prianggono.

Saat ini, lahan di Desa Pakel yang berpolemik masuk dalam Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan swasta PT Bumisari Maju Sukses. HGU itu terbit berdasarkan permohonan yang diterima BPN. Apabila belum ada kesepakatan, masih ada jalan mengajukan gugatan perdata ke pengadilan. Bahkan, sertifikat HGU yang diterbitkan BPN bisa digugat ke PTUN.

“Kalau di pengadilan memang ada putusan membatalkan sertifikat, kami tentunya akan tunduk pada putusan pengadilan,” beber Eko.

Pihaknya berharap, pihak yang berpolemik lahan Pakel bisa duduk bersama. Misalnya, dari ahli waris akta 1929 sebagai rujukan dan pihak perkebunan yang mengantongi sertifikat HGU. Bisa juga diikuti kelompok yang mengklaim lahan Pakel. Namun, tetap dengan bukti yang akurat.

“Intinya ahli waris bertemu dengan para pihak yang berpolemik. Jadi jelas titik temunya, tanpa memicu masalah baru,” tegasnya.

Lamanya polemik lahan ini membuat kondisi Pakel kurang nyaman bagi warga. Padahal, ahli waris lahan Pakel berharap adanya kerukunan.

Truk Kontainer Timpa Mobil, Satu Orang Tewas

Ini Rahasia Lantai Masjidil Haram Selalu Sejuk di Tengah Cuaca Panas

Alami Deflasi, Wali Kota Semarang Minta Semua Pihak Tetap Waspada

Soal Tes Psikologi Tersangka, HIMPSI: Tes Psikologis Membantu Buat Terang Kasus

Dua Korban Selamat Pengeroyokan Pengusaha Rental Mobil akan Jalani Operasi

Nasib Terpidana Seumur Hidup Terselamatkan, Otto Hasibuan Tuding Perkara Kasus Pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon Beraroma Fiktif dari Polisi


Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Otto Hasibuan bakal mengawal jalannya pengungkapan kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon pada 2016 silam.

Satgas Pasti OJK Blokir 915 Pinjol Ilegal dan Investasi Bodong hingga Mei 2024, Ada Ratusan Ribu Aduan Masuk


Satgas Pasti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Mei 2024 telah melakukan pemblokiran terhadap 915 entitas keuangan ilegal, termasuk pinjol dan investasi bodong.

Pelaku Pembunuhan Mayat Tanpa Kepala di Bungo Jambi Ditangkap


Pelaku S yang merupakan warga Dusun Embacang Gedang, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, diamankan petugas saat sedang berada di sekitaran SPBU Lubuk Landai, Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas, Kabupaten Bungo.

Rawan Pencurian, Warga Kedung Ombo Nganjuk Gelar Sayembara Tangkap Maling Berhadiah


Warga Dusun Bulurejo, Desa Kedung Ombo, Kecamatan Tanjung Anom, Nganjuk, memasang banner sayembara tangkap maling berhadiah di sejumlah titik strategis.

Aksi Remaja Bercanda Soal Makan Darah dan Daging Anak Palestina, Disdik Jakarta Geram: Kami Mengecam!


Plt Kepala Disdik DKI Jakarta, Budi Awaluddin kecam perilaku remaja yang bercanda terkait darah dan daging anak Palestina di rumah makan cepat saji ayam goreng

Sumardji Sebut Pemilihan Starting Eleven Timnas Indonesia Bukan Dari Pemain Keturunan Atau Lokal


Pada laga melawan Irak, delapan dari 11 pemain yang bertanding sebagai starting eleven Timnas Indonesia adalah pemain keturunan alias pemain naturalisasi. 

AFC Sorot Timnas Indonesia Karena Hal ini, Bahkan Jika Lolos putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Skuad Garuda Disebut Berpotensi...


AFC sorot Timnas Indonesia jelang laga kontra Filipina 11 Juni 2024. Konfederasi Sepak Bola Asia tersebut bahkan memprediksi jika Skuad Garuda berpotensi ukir

Tak Ingin Rugi Lagi, KNVB Siap Ambil Paksa Dua Bintang Muda Belanda yang Jadi Andalan Indra Sjafri di Timnas Indonesia U20


Main bagus di bawah asuhan Indra Sjafri, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) siap ambil paksa bintang muda Belanda yang kini tampil untuk Timnas Indonesia U20.

Curhatan Jordi Amat ke Media Spanyol Sempat Singgung Jadi Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Negara Eropa Bakal Kirim Bantuan ke Timnas Indonesia


Curhatan Jordi Amat ke media Spanyol, sempat singgung jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia, hingga negara Eropa kirim bantuan untuk kemenangan Skuad Garuda

Shin Tae-yong Full Senyum, Wonderkid Keturunan Maluku Ini Jadi Sorotan Eropa, Diorbitkan Indra Sjafri untuk Timnas Indonesia?


Mauresmo Hinoke menjadi wonderkid baru timnas Indonesia U-20 asuhan Indra Sjafri, winger menakukan bagi para lawan tim Garuda Nusantara di Toulon Cup 2024.

Pandit Senior Sebut Kemungkinan Ernando Ari Bakal Diganti di Laga Kontra Filipina, Bukan Berarti Shin Tae-yong...


Pandit senior sebut kemungkinan Ernando Ari akan diganti di laga Timnas Indonesia vs Filipina Kualifikasi Piala Dunia 2026, tapi bukan berarti Shin Tae-yong…

Polda Jabar 'Pede' Semuanya Pasti Terang Benderang Kasus Vina Cirebon, 3 Saksi Ini Susul Pegi Setiawan Alias Perong, Ternyata


Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules Abraham Abast beber perkembangan soal tes psikologis terhadap tersangka Pegi Setiawan yang dilakukan Sabtu (8/6/2024).

Semakin Terang Benderang, Berkas Perkara Pegi Setiawan Tersangka Kasus Pembunuhan Vina Cirebon Ditargetkan Bisa Diserahkan ke JPU Pekan Depan


Polda Jabar menargetkan berkas rangkaian perkara dalam kasus pembunuhan Vina dan Eky yang melibatkan tersangka Pegi Setiawan alias Pegi alias Perong bisa segera dilimpahkan kepada JPU.


Apa Kabar Indonesia Malam