Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Anak Muda Banyuwangi Juara MTQ Nasional 2022

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Banyuwangi (beritajatim.com) – Dua kafilah Banyuwangi yang menjadi perwakilan Provinsi Jawa Timur dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ ) Nasional XXIX, di Kalimantan Selatan, berhasil menjadi juara. Mereka adalah Ahmad Syaifudin Amin dan Riskiyatul Fitriyah.

Ahmad Syaifudin asal Desa Bangorejo Banyuwangi yang alumnus MAN 4 Banyuwangi ini meraih juara 1 lomba tafsir Bahasa Inggris putra. Sementara Riskiyatul Fitriyah yang mahasiswa Mahad Ali Darussalam Blokagung Banyuwangi menjadi yang terbaik pada lomba Fahmil Quran putri.

MTQ XXIX dilaksanakan di Kalimantan Selatan, 12-18 Oktober 2022, diikuti 1.676 peserta dari 34 provinsi. Kegiatan ini mengompetisikan 8 cabang lomba, yakni seni baca Al Quran, hafalan Al Quran, tafsir Al Quran, syarhil Quran, kaligrafi, qiraat Al Quran, fahmil Quran, dan karya tulis Al Quran.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh anak-anak muda Banyuwangi ini. Ipuk pun salut atas upaya dan kerja keras mereka yang berhasil membanggakan Jawa Timur, khususnya Banyuwangi.

“Selamat kepada anak-anakku Amin dan Riski atas prestasinya yang membanggakan. Banyuwangi bangga pada kalian. Banyuwangi sangat bersyukur karena anak-anak mudanya terus menorehkan prestasi di berbagai bidang,” kata Ipuk.

Ahmad dan Rizky sebelumnya telah melewati seleksi berjenjang dan akhirnya lolos untuk mewakili Provinsi Jawa Timur. Peserta dipilih melalui seleksi Juara 1 hingga 3 di MTQ Provinsi Jawa Timur 2021. “Semoga prestasi mereka bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak Banyuwangi yang lainnya,” kata Ipuk.

Di MTQ XXIX Tahun 2022, Jawa Timur menjadi juara umum. Kafilah Jatim berhasil meraih sebanyak 14 medali emas, 4 medali perak dan 5 medali perunggu. Sementara juara kedua diraih oleh Kafilah DKI Jakarta dengan mengumpulkan 8 emas, 7 perak dan 7 perunggu. Sementara tuan rumah Kalimantan Selatan menempati juara ketiga dengan 8 emas, 6 perak, dan 4 perunggu. (rin/kun)


source