Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Aturan Terbaru Selama Nataru, Penyebrangan Ketapang – Lombok Dialihkan Lewat Situbondo

aturan-terbaru-selama-nataru,-penyebrangan-ketapang-–-lombok-dialihkan-lewat-situbondo
Aturan Terbaru Selama Nataru, Penyebrangan Ketapang – Lombok Dialihkan Lewat Situbondo
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Banyuwangi, tvOnenews.com – Menjelang Natal dan tahun baru, aturan penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Lembar, Lombok, berubah. Mulai 15 Desember besok, jalur penyeberangan Jawa – Lombok ini dialihkan dari Ketapang ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo. 

Namun, aturan ini hanya berlaku untuk kendaraan berat. Mulai truk sedang hingga tronton. Khusus kendaraan pribadi tetap bisa menyeberang dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

Pembukaan jalur baru ini berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor AAP.006/7/14/DJPD/2023, tertanggal 7 Desember 2023. Isinya, pengalihan pelayanan tujuan pelabuhan Lembar (NTB) selama periode angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024. 

“Jadi, Pelabuhan Jangkar, Situbondo disiapkan untuk kendaraan besar atau golongan VII,” kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin, Kamis (14/12).

Dibukanya jalur baru ini, Pelabuhan Jangkar nantinya akan disiapkan untuk kapal-kapal 42.000 ton atau sampai golongan VII. Sehingga, semua kendaraan yang akan menuju Pelabuhan Lembar diarahkan melalui pelabuhan ini. Selanjutnya, Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi hanya fokus untuk kendaraan kecil pada periode posko Nataru. 

Mengantisipasi penumpukan kendaraan selama libur Nataru, ASDP Ketapang sudah menyiapkan sejumlah kantung parkir. Diantaranya, Grand Watu Dodol, Terminal Sri Tanjung dan area parkir Pelabuhan Bulusan.

Pengguna jasa penyeberangan juga diimbau membeli tiket minimal H-1 keberangkatan. Sehingga, bisa mempercepat proses pelayanan di pelabuhan. Lalu, mengurai kemacetan.