Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Cegah Rabies, Ratusan Ekor Kucing dan Anjing di Banyuwangi Divaksin Massal

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Banyuwangi, tvOnenews.com – Mengantisipasi rabies, ratusan ekor kucing dan anjing piaraan di Banyuwangi mendapatkan vaksin massal, Rabu (27/9) pagi. Vaksinasi digelar serentak di seluruh Rumah Sakit Hewan (RSH) di Banyuwangi dan lima Puskesmas Hewan (Puskeswan). Mulai Puskeswan Rogojampi, Muncar, Gambiran, Purwoharjo, serta Genteng.

Sasaran vaksin rabies adalah hewan piaraan, seperti kucing dan anjing. Hewan jenis ini populasinya cukup tinggi Banyuwangi.

“Vaksinasi hewan piaraan ini juga dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia,” kata Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Banyuwangi, Ilham Juanda.

Vaksinasi rabies ini merupakan agenda rutin setahun sekali. Selain memastikan hewan peliharaan tetap sehat, vaksinasi bisa mencegah penularan penyakit rabies dari hewan ke manusia.

“Banyuwangi belum ada yang terdeteksi rabies. Makanya, kita antisipasi dengan pemberian vaksin. Sehingga Banyuwangi tetap aman dari penyakit rabies,” tegasnya.

Vaksinasi massal ini menyediakan sedikitnya 1.200 dosis vaksin. Total hewan yang divaksin mencapai 400 ekor. Rinciannya, 284 ekor kucing dan 16 ekor anjing divaksin di RSH Banyuwangi, serta 88 ekor kucing dan 12 anjing mendapatkan vaksin di lima Puskeswan.

“Kami juga menyediakan pengobatan hingga konsultasi hewan gratis,” kata Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Dispertan Banyuwangi, Drh. Nanang Sugiharto.

Halaman Selanjutnya :

Selain vaksinasi rabies, disiapkan juga obat cacing anjing dan kucing. Sebelum divaksin, kondisi hewan diperiksa terlebih dahulu. Jika sakit, hewan tersebut tidak mendapatkan vaksinasi. Namun, disuntik obat cacing.

source