Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Geger, Rombongan Wisatawan Asing Pesta "Flare" di Puncak Ijen Banyuwangi

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Banyuwangi, tvOnenews.com – Jagat maya digegerkan dengan aksi nyeleneh rombongan wisatawan asing di puncak Gunung Ijen, Banyuwangi. Mereka menyalakan flare alias asap suar ketika mendaki di gunung yang dikenal dengan keindahan kawahnya itu. Aksi ini membahayakan pendaki lainnya.

Video aksi pesta tak wajar ini beredar luas sejak, Rabu (1/3) malam. Dalam rekaman berdurasi 22 detik itu, tujuh orang pendaki bule berpose di puncak Ijen, berlatar belakang kawah. Mereka kompak memegang flare, termasuk menggunakan masker respirator ala pemadam kebakaran. 

Dalam rekaman video tertulis tanggal pengambilan gambar, yaitu 26 Februari 2023 pukul 07.22 WIB. Belum diketahui asal rombongan pendaki bule tersebut. Pun keberadaanya saat ini. 

Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Wilayah V Banyuwangi Purwantono membenarkan aksi tak wajar itu dilakukan di puncak Ijen. Hasil penelusuran pihaknya, peristiwa itu diduga terjadi pada Januari 2023. 

“Kami tidak tahu persis tanggalnya. Tapi ada informasi kejadiannya pada Januari,” kata Purwantono.  

Karena wisatawan asing, identitasnya sulit dikenali. Dikhawatirkan, mereka sudah kembali ke negara asalnya. 

Dugaan sementara, aksi menyalakan suar itu dilakukan ketika pendaki sedang sepi. Kejadian ini juga tak memicu keluhan dari pendaki lainnya. Meski begitu, aksi tersebut berbahaya bagi wisatawan lainnya. Selama ini, belum ada aturan tentang larangan menyalakan suar di puncak Ijen. Namun, aksi tersebut dinilai tak wajar. 

Halaman Selanjutnya :

Pasca Kejadian ini, pihaknya akan memperketat pengawasan aktivitas pendaki Ijen, sehingga kejadian serupa tak terulang lagi. 

source