Innalillahi, Kiai Nawawi Pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan Wafat

  • Bagikan
Pengasuh Pesantren Sidogiri Pasuruan KH. Nawawi Abd. Djalil menininggal dunia hari ini, Minggu 13 Junu 2021 pukul 16.40 WIB /Tangkaplayar Instagram @s1dogiri

Ulama kharismatik Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, KH Ahmad Nawawi Abdul Jalil, wafat saat dirawat di rumah sakit di Malang, Jawa Timur, pada Minggu, 13 Juni 2021.

Belum diketahui pasti apa penyakit yang menjadi sebab wafatnya Kiai Nawawi.

Mustasyar Pengurus Besar Nadhlatul Ulama itu dikabarkan meninggal dunia pada Minggu sore sekira pukul 16.40 WIB. Beberapa menit kemudian kabar duka itu langsung tersebar luas di media sosial dan jejaring aplikasi WhatsApp. Semua merasa berduka.

“Turut berduka atas wafatnya KH Nawawi Abdul Jalil (Mustasyar PBNU – PWNU Jatim – Pengasus Ponpes Sidogiri Pasuruan),” tulis NU Care Lazisnu Jawa Timur dalam ucapan dukanya yang tersebar di media sosial.

Salah satu anggota keluarga besar Pesantren Sidogiri, Ilham Wahyudi, membenarkan kabar wafatnya Kiai Nawawi. “Iya, betul,” katanya dikonfirmasi VIVA melalui pesan singkat.

Karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, para alumni dan wali santri Pesantren Sidogiri dilarang melayat secara langsung ke Pesantren Sidogiri di Pasuruan.

Wali santri dan alumni diminta melaksanakan salat gaib dan mendoakan almarhum dari rumah masing-masing.
“Nanti IASS (Ikatan Alumni Santri Sidogiri) akan keluarkan surat resminya,” kata Ketua IASS, Ahmad.

Wajar IASS melarang para wali santri dan alumni untuk melayat langsung. Sebab, santri dan alumni Pesantren Sidogiri tersebar di seluruh daerah di Jatim dan luar Jatim.

Pesantren Sidogiri sendiri merupakan pesantren tua. Di pesantren ini banyak ulama besar pernah belajar, di antaranya Syaikhona Kholil Bangkalan.

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1379626-innalillahi-kiai-nawawi-pengasuh-ponpes-sidogiri-pasuruan-wafat

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: