Job Fair Diserbu Pelamar Kerja

0
555

jobfairGENTENG – Pembukaan Job Fair 2014 yang digelar di gedung Graha Bakti Sport, Genteng, berlangsung meriah kemarin. Kegiatan yang dibuka Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas itu diikuti 48 perusahaan lokal dan luar Banyuwangi. Usai dibuka pukul 09.00, ratusan pencari pekerjaan yang kebanyakan kalangan muda langsung menyerbu puluhan stan perusahaan yang berjejer di dalam gedung di Desa Setail, Kecamatan Genteng, itu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Para pencari pekerjaan itu ada yang melamar di sejumlah koperasi simpan pinjam (KSP), perusahaan pertambangan, kapal pesiar, perbankan, Pabrik Kertas Basuki Rahmat, perhotelan, dan ribuan lowongan pekerjaan lainnya yang cukup menjanjikan. Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dalam pembukaan Job Fair itu mengatakan kegiatan Job Fair itu merupakan sarana untuk memfasilitasi para pencari pekerjaan dengan perusahaan yang membutuhkan karyawan. 

Selama ini, terang dia, banyak pencari kerja terkadang kebingungan mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan ke sejumlah perusahaan. “Perusahaan sendiri terkadang juga bingung mencari karyawan,” katanya di sela-sela acara. Menurut Anas, Job Fair yang digelar tahun sebelumnya terbukti mampu menjadi jembatan antara kedua pihak yang saling berkepentingan, yaitu pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan karyawan.

“Dulu kita adakan di kota, sekarang kita adakan di kecamatan agar pelamar kerja dari desa-desa juga terakomodasi,” ungkapnya. Jika hasil evaluasi pelaksanaan Job Fair yang kali kedua ini ada dampak yang baik, maka tidak menutup kemungkinan kegiatan seperti ini akan lebih ditingkatkan lagi. Sehingga bisa menjadi media untuk mengurangi angka pengangguran di Kota Banyuwangi. “Kalau ternyata pengaruhnya sangat baik dan signifikan, bisa jadi kita lakukan setahun dua kali,” tandasnya. 

Dalam Job Fair yang digelar ini, masih kata dia, pihaknya sudah mengimbau kepada semua perusahaan agar dalam menerima karyawan memprioritaskan pelamar lokal. Hal itu, agar putra daerah bisa menikmati perkembangan yang ada di Banyuwangi. “Kecuali untuk tenaga yang membutuhkan keahlian khusus, mungkin kita tidak bisa intervensi. Tapi tenaga-tenaga umum supaya putra daerah di prioritaskan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Banyuwangi, Saiful Alam Sudrajat mengatakan kegiatan Job Fair yang baru di buka oleh Bupati Anas itu akan berlangsung selama dua hari. Untuk itu, dia berharap para pencari kerja bisa memanfaatkan even ini dengan baik. “Tadi setelah dibuka banyak pelamar yang berdatangan, besok (hari ini) masih buka lagi sampai jam empat sore,” ujarnya. Jika jumlah pencari kerja yang datang terus banyak, lanjut dia, tidak menutup kemungkinan even tersebut akan diperpanjang. “Tapi kita lihat besok, sementara agenda kita hanya dua hari dulu,” cetusnya. (radar)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :