Kampanyekan Pengurangan Sampah Plastik, Banyuwangi Gelar Festival Creative Recycle

0
395
Foto: banyuwangikab

BANYUWANGI – Banyuwangi menggelar kampanye pengurangan sampah plastik dengan cara menarik. Dibalut dalam event Festival Creative Recycle, ratusan siswa dilibatkan untuk berpikir secara kreatif dan diedukasi bagaimana memanfaatkan sekaligus mengurangi sampah di lingkungannya. Artis Dik Doank turut dihadirkan untuk mengedukasi siswa tersebut.

Dilansir dari banyuwangikab, sebanyak 300 siswa SD – SMP berkumpul d RTH Sayu Wiwit untuk mengikuti festival kreasi daur ulang.

Mereka berlomba mengolah sampah anorganik menjadi barang yang bermanfaat. Mulai koran bekas menjadi tas belanja, botol plastik bekas minuman menjadi vas bunga hingga sedotan bekas yang didaur ulang menjadi bunga-bunga cantik yang siap dijual dan bernilai ekonomis.

Seperti yang dilakukan Ria Oktaviana, siswa SMPN 2 Banyuwangi yang membuat pohon dan bunga dari gelas teh plastik bekas, sedotan dan botol minuman bekas. Dia bersama temannya sepakat untuk mengolah limbah plastik yang banyak terdapat di sekitar mereka.

“Sampah botol, gelas minum, dan sedotan plastik ini banyak tercecer di sekitar kami. Jadi kami terpikir untuk memanfaatkan, karena mudah sekali didapatkan. Kami berlatih mengutak-atik menjadi apa barang ini, akhirnya jadi pohon yang berbuah. Ternyata menyenangkan juga mengolah bahan bekas ini, kita diajak berpikir kreatif,” ujar Ria, Selasa (16/7/2019).

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last