Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Keanehan Barreleye Fish, Ikan Laut Dalam dengan Kepala Transparan dan Mata Berputar

loading…

Ikan Barreleye atau Barreleye Fish (Macropinna microstoma) salah satu spesies ikan laut dalam yang aneh. Ikan Barreleye memiliki kepala yang transparan dan mata yang dapat berputar 360 derajat. Foto/Mbari/Live Science

CALIFORNIAIkan Barreleye atau Barreleye Fish (Macropinna microstoma) salah satu spesies ikan laut dalam yang aneh . Ikan Barreleye memiliki kepala yang transparan dan mata yang dapat berputar 360 derajat.

Habitat atau tempat tinggal Ikan Barreleye di Laut Bering dan Samudra Pasifik Utara, dengan kedalaman antara 600 dan 800 meter. Ikan dengan bentuk kepala aneh ini makanannya adalah zooplankton dan krustasea kecil yang disebut copepod.

Mengapa ini luar biasa, ikan Barreleye memiliki mata berbentuk tabung yang sangat aneh dan dapat berputar untuk menatap ke atas melalui dahinya yang transparan. Meskipun tampak hijau, lensa matanya sebenarnya diwarnai dengan pigmen kuning yang membantu ikan aneh ini membedakan antara sinar matahari dan bioluminesensi.

Lautan pada twilight zone atau lapisan air dari 200 hingga 1.000 meter di bawah permukaan, menerima sinar matahari yang cukup bagi makhluk untuk membuat bayangan samar. Siluet mereka terlihat oleh predator yang mengintai di bawah, itulah sebabnya beberapa makhluk laut dalam telah mengembangkan organ penghasil cahaya di bagian bawahnya agar sesuai dengan cahaya downwelling.

Tapi trik mata laras yang bekerja dengan menyaring sinar matahari membuat mereka tidak tertipu oleh makhluk yang mencoba menghapus bayangannya. Barreley melayang-layang tak bergerak dalam kegelapan sampai mereka melihat makanan potensial lewat di atas kepala.

Mereka kemudian melesat ke atas untuk menangkapnya di mulut mereka dan memusatkan perhatian pada mangsanya dengan memutarnya ke posisi menghadap ke depan. Pada tahun 2021, para ilmuwan menangkap rekaman salah satu makhluk aneh laut dalam yang jarang terlihat di Monterey Canyon, lepas pantai California.

Mereka berspekulasi bahwa ikan Barreleye membantu diri mereka sendiri dengan prasmanan krustasea dan larva yang terperangkap dalam tentakel siphonophores. Ini merupakan organisme mirip ubur-ubur yang membentuk tali sepanjang 40 meter.

“Helm transparan Barreley dapat melindungi mereka dari sel penyengat pada tentakel ini. Namun, banyak aspek lain dari kehidupan makhluk ini yang masih belum diketahui pasti,” keterangan Monterey Bay Aquarium dikutip SINDOnews, Senin (7/8/2023).

(wib)

source