Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Kunjungan ke Kabupaten Banyuwangi, UKP Mardiono Beri Dukungan Kepada Petani dan Pelaku UMKM Milenial

kunjungan-ke-kabupaten-banyuwangi,-ukp-mardiono-beri-dukungan-kepada-petani-dan-pelaku-umkm-milenial
Kunjungan ke Kabupaten Banyuwangi, UKP Mardiono Beri Dukungan Kepada Petani dan Pelaku UMKM Milenial
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

tvOnenews.com – Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia (UKP RI) Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan, Muhamad Mardiono melakukan diskusi bersama para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga petani milenial, di Desa Siderejo, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Muhamad Mardiono mengaku akan terus mendukung beberapa program unggulan Kabupaten Banyuwangi khususnya Youth Entrepreunership and Employment Support Services (YESS) dan Jagoan Tani. 

Program tersebut ditujukan untuk meningkatkan jumlah dan kapasitas, sekaligus kompetensi sumber daya petani dan wirausahawan muda di sektor pertanian dalam rangka mendukung program regenerasi petani dan peningkatan nilai tambah sektor pertanian secara nasional.

“Alhamdulillah buah hasil pertaniannya juga telah diolah menjadi sebuah produk inovasi yang menarik, saya akan mendorong ke arah sana untuk menjaga pasar nasional kita,” tutur Muhamad Mardiono usai melakukan kunjungan, dikutip Rabu (5/6/2024).

Muhamad Mardiono menyebut, program unggulan yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi memiliki potensi untuk pengentasan kemiskinan yang berbasis pemberdayaan dan peningkatan kapasitas usaha ekonomi produktif UMKM setempat.

“Sehingga pemerintah wajib mendorong UMKM berkembang pesat untuk mengisi pasar nasional, agar UMKM dapat terus menjadi kekuatan ekonomi nasional Indonesia. Dalam kunjungan ini, dilakukan pemantauan dan sinkronisasi kebijakan yang beririsan dengan bidang pengentasan kemiskinan, percepatan pembangunan desa, dan ketahanan pangan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi Arief Setiawan mengucapkan terima kasih kepada Muhamad Mardiono yang telah memberikan motivasi kepada para milenial yang hadir dan bersedia memfasilitasi perkembangan pelaku UMKM dan petani muda di wilayahnya.