Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Penjual Hewan Kurban Dadakan Disasar Dinas Pertanian Banyuwangi, Cek dan Beri Sertifikat Veteriner

penjual-hewan-kurban-dadakan-disasar-dinas-pertanian-banyuwangi,-cek-dan-beri-sertifikat-veteriner
Penjual Hewan Kurban Dadakan Disasar Dinas Pertanian Banyuwangi, Cek dan Beri Sertifikat Veteriner
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Banyuwangi, tvOnenews.com – Sejumlah hewan kurban yang dijual oleh pedagang dadakan jadi sasaran petugas Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi. Hewan kurban yang mayoritas kambing ini dicek kesehatannya, Selasa (11/6/2024). Jika dinyatakan sehat, petugas akan memberikan surat keterangan kesehatan hewan berupa sertifikat veteriner kepada pedagang.

Sertifikat itu diberikan sebagai jaminan bahwa ternak yang dijual para pedagang dadakan sudah dicek oleh petugas kesehatan hewan dan dinyatakan sehat. Sehingga, para pembeli tak perlu khawatir soal kondisi hewan kurban yang akan dibeli.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dispertan Banyuwangi drh Nanang Sugiharto menjelaskan, pengecekan kesehatan hewan di pasar dadakan dilakukan oleh beberapa tim petugas veteriner Dinas Pertanian dan Pangan.

Sasarannya di wilayah Kecamatan Banyuwangi dan sekitarnya. Dua tim yang bergerak menyusuri puluhan pedagang ternak dadakan. Saat memeriksa hewan kurban, tim turut membawa beberapa alat yang dipakai untuk mengecek kondisi ternak tersebut.

Selain di pusat kota, petugas kesehatan hewan di tiap kecamatan juga melakukan hal yang sama. Pengecekan ini akan digencarkan hingga Rabu (12/6/2024).

“Jadi sebelum dibeli oleh masyarakat, kami pastikan dulu bahwa ternaknya dalam keadaan sehat dan memenuhi syariat Islam,” kata Nanang.

Ada tiga hal utama yang diperiksa dari hewan yang dijual. Pertama, petugas kesehatan hewan mengecek kondisi kesehatan ternak secara umum. Pemeriksaan itu untuk mengetahui apakah hewan yang dijual dalam kondisi sehat atau sakit.