Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Penumpang Nataru Meningkat, KAI Terjunkan Gerbong Tambahan Berkapasitas 342 Kursi

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Banyuwangi, tvOnenews.com – Mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur natal dan tahun baru (Nataru), sejumlah gerbong kereta api (KA) tambahan mulai diterjunkan. KA tambahan ini akan dikerahkan dalam kondisi darurat, ketika penumpang membludak.

“Kereta api tambahan tidak beroperasi setiap hari, tetapi hanya tertentu, tanggal 21-26 Desember dan 29-31 Desember 2023 dimana diperkirakan akan ada peningkatan pelanggan,” kata Pelaksana Harian Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Anwar Yuli Prastyo, Kamis (30/11).

Kereta tambahan tersebut akan diberangkatkan dari Stasiun Ketapang, Banyuwangi pukul 07.30 WIB dan tiba di Stasiun Jember pukul 09.55 WIB. Sedangkan dari Stasiun Jember pukul 12.35 WIB dan tiba di Stasiun Ketapang pukul 15.00 WIB. KA ini akan berhenti di beberapa stasiun, diantaranya Stasiun Kalisat, Kalibaru, Kalisetail, Temuguruh, Rogojampi dan Banyuwangi Kota.

“Bagi penumpang KA Pandalungan yang ingin meneruskan perjalanan menuju Banyuwangi bisa menggunakan KA tambahan ini, masih cukup waktu untuk transit di Stasiun Jember,” jelasnya.

Gerbong KA tambahan ini tersedia dalam dua kelas. Masing-masing kelas eksekutif dan ekonomi. Kapasitasnya 432 tempat duduk. Tarifnya Rp130.000 kelas eksekutif, sedangkan kelas ekonomi sebesar Rp100.000. 

“Pemesanan tiket KA tambahan Jember–Ketapang sudah bisa dilakukan mulai sekarang. Masyarakat yang akan bepergian pada hari tersebut bisa memanfaatkan KA ini selagi tiket masih tersedia,” tambahnya.

Tambahan gerbong ini menambah jumlah tempat duduk yang disediakan Daop 9 Jember selama angkutan Nataru. Total kursi yang tersedia sebanyak 222.264 unit. Dari jumlah ini, penjualan per hari mencapai 12.348 tempat duduk. (hoa/far)

source