Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Sinergi Lintas Stakeholder, Pertamina Kembangkan Kelompok Ternak Desa Ketapang, Banyuwangi

sinergi-lintas-stakeholder,-pertamina-kembangkan-kelompok-ternak-desa-ketapang,-banyuwangi
Sinergi Lintas Stakeholder, Pertamina Kembangkan Kelompok Ternak Desa Ketapang, Banyuwangi
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda
Artikel

Banyuwangi, tvOnenews.com – Dalam pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Pertamina melaksanakan berbagai macam strategi demi pencapaian sustainability program, salah satunya dengan menjalin kerjasama lintas stakeholder sebagaimana dilaksanakan PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus untuk program Community Development pengembangan kelompok ternak, di Dusun Pancoran, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi. 

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Integrated Terminal Tanjungwangi bersama Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi melaksanakan program pengembangan dan pemberdayaan kepada kelompok ternak Dusun Pancoran, yakni Kelompok Ternak Sinar Abadi. 

Kelompok Ternak Sinar Abadi menjadi bagian dari pogram TJSL Integrated Terminal Tanjungwangi di bawah payung program PELITA (Pemberdayaan Ekonomi Lingkungan Lingkar Ketapang). 

Saat ini, kelompok sudah memiliki lebih dari 100 ekor kambing dari jumlah awal 22 ekor. Untuk pembudidayaan, Pertamina dan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi bersama kelompok mengembangkan jenis lokal dan senduro.

Pembudidayaan Hewan Ternak

Program pengembangan dan pemberdayaan peternakan PELITA telah memasuki tahun kelima pembinaan dan memasuki exit program pada tahun ini. Untuk program TJSL, Pertamina memberikan pembinaan selama lima tahun roadmap program dengan goals program adalah masyarakat sudah mandiri pada tahun kelima. 

Pada program bersama Kelompok Ternak Sinar Abadi, selain pengembangan ternak, Pertamina juga mengaplikasikan inovasi untuk memanfaatkan limbah kotoran hewan ternak menjadi pupuk organik, berangkat dari permasalahan yang terjadi di masyarakat dengan menumpuknya kotoran hewan ternak di sekitar lingkungan masyarakat. Hal ini didukung juga dari potensi wilayah di Dusun Pancoran, Desa Ketapang, yang merupakan wilayah perkebunan yang subur sehingga pupuk organik sangat diperlukan oleh masyarakat. 

Gibran Akan 'All Out' Dukung Khofifah-Emil pada Pilgub Jatim

Bamsoet Bicara Peluang Amandemen UUD 1945

Menyantap Rawon Setan, Kuliner Legendaris di Kota Surabaya

Jelang Idul Adha, Perajin Pemanggang Sate Banjir Pesanan

Rahmat, Petugas Haji Disabilitas yang Tetap Semangat & Totalitas Layani Jemaah

Cover Story One : Saksi Saling Bantah, Kasus Vina Makin Mentah


Elegi sejoli Vina dan Eky masih terus bergulir menggulung di semua ruang publik. Semakin hari, publik pun dibuat bingung dengan “sandiwara” yang tersaji. Publik pun semakin dibuat rancu dengan sederet pengakuan baru dari saksi yang bermunculan. 

Kuasa Hukum Pegi Kesal, Salinan BAP dari Penyidik Polda Jabar Tak Kunjung Diberikan


Kuasa hukum keluarga Pegi Setiawan mengatakan hingga saat ini salinan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) tak kunjung diberikan oleh pihak penyidik Polda Jabar.

Cak Imin: Mas Anies, Mas Kaesang, Siapapun Boleh Daftar Pilkada 2024 Lewat PKB


Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mempersilakan siapapun mendaftar dalam Pilkada 2024 melalui PKB, termasuk Anies Baswedan dan Kaesang Pangarep.

Sempat Diperiksa Polda Metro Jaya, Hasto Justru Seret Nama Megawati dan Bung Karno, Ternyata Ini Alasannya


Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto buka suara soal pemeriksaannya ke Polda Metro Jaya dan sempat singgung nama Soekarno alias Bung Karno dan Megawati Soekarnoputri.

Viral Video Ibu Setubuhi Balita Laki-laki di Kota Tangsel, Polisi Buka Peluang Restorative Justice


Polisi angkat bicara soal kemungkinan diterapkan restorative justice pada kasus ibu muda berinisial R (22) usai video viral bersetubuh dengan balita laki-lakinya.

Pegi Bisa Bebas! Otto Hasibuan Beberkan Syarat-syaratnya


Pengacara tersohor, Otto Hasibuan blak-blakan menyebutkan bahwa Pegi Setiawan alias Perong, yang diduga pelaku pembunuhan Vina Cirebon, bisa bebas dari hukuman

Prediksi Mengejutkan Media Inggris Jelang Pertandingan Timnas Indonesia Vs Irak, Pemenangnya Adalah...


Media Inggris membuat prediksi cukup mengejutkan pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Respons Netizen Malaysia setelah PSSI Menuntaskan Naturalisasi Calvin Verdonk, Singgung Soal Kekuatan Timnas Indonesia


Netizen Malaysia merespons keberhasilan PSSI menaturalisasi pemain Grade A Eropa, Calvin Verdonk jelang laga Timnas Indonesia melawan Irak.

Beredar Tangkapan Layar Percakapan Pegi Setiawan Instruksikan Sweeping Bobotoh, Diduga Pemimpin Bentrok Suporter Persija


Diduga percakapan Pegi Setiawan dengan rekannya beredar di media sosial, menunjukkan aktivitasnya sebagai suporter Persija, terungkap rencana sweeping Bobotoh.

Kabar Buruk Buat Timnas Indonesia Jelang Laga Lawan Irak, Shin Tae-yong Dilarikan ke Rumah Sakit, Kenapa?


Pelatih Timnas Indonesia dikabarkan dilarikan ke rumah sakit jelang laga kontra Irak. Direktur Utama PT Garuda Sepak Bola Indonesia (GSI) Marsal Masita menyebut

Padahal Tak Dikasih Duit, TKW Arab Saudi Ini Ketagihan Melayani Anak Majikan yang Lebih Muda Darinya: Beda Banget sama Punya Orang Indonesia


Setiap hari, TKW Arab Saudi itu harus menjadi pemuas nafsu anak majikan yang lebih muda, dengan harapan akan kehidupan yang lebih baik, namun hanya diberi…

Ketambahan Jay Idzes, Begini Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Kontra Irak


Jay Idzes telah resmi mendarat di Jakarta pada Rabu (5/6/2024) malam WIB, hanya beberapa jam jelang laga Timnas Indonesia kontra Irak, Kamis (6/6/2024) sore.

Indra Sjafri Bicara Jujur soal Timnas Indonesia U-20 Setelah Dibantai Ukraina 0-3 di Toulon Cup 2024


Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, berbicara jujur setelah anak-anak asuhnya dibantai dengan skor 0-3 oleh Ukraina di Toulon Cup 2024, Selasa (4/6).