The Latest Collection of News About Banyuwangi
English VersionIndonesian

Secara Bertahap, Pedagang Pasar Banyuwangi Mulai Tempati Area Relokasi – Tribunjatim.com

secara-bertahap,-pedagang-pasar-banyuwangi-mulai-tempati-area-relokasi-–-tribunjatim.com
Secara Bertahap, Pedagang Pasar Banyuwangi Mulai Tempati Area Relokasi – Tribunjatim.com
Register your email to Subscribe to news delivered directly to your mailbox

Journalist Report Tribune Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGIPara pedagang Pasar Banyuwangi mulai boyongan ke tempat relokasi yang berada di area Gedung Wanita, Monday (27/5/2024). Beberapa dari mereka mulai menggelar lapak per hari ini.

Salah satu pedagang yang sudah boyongan dan siap untuk membuka lapak adalah Sri Puryati. Warga Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Banyuwangi itu telah memindah barang-barang untuk berdagang sejak Minggu (26/5/2024) sore.

Dari hasil undian lapak, Sri menempati sisi selatan bangunan Gedung Wanita. Di sana ia akan berjualan aneka makanan, dagangan yang sama seperti saat ia berjualan di Pasar Banyuwangi.

Sri telah menyiapkan aneka kebutuhan untuk berjualan. Lapak telah ia tata sedemikian rupa. Bahan makanan juga sudah disiapkan.

Read too: Ngaku Mau Pergi ke ATM, Pengamen di Banyuwangi Malah Bawa Kabur Motor Penjual Rujak hingga Pasuruan

Ini mau pulang untuk ambil bahan makanan. Di sini jual nasi tempong dan makanan lain,” said Sri.

Sri mengaku lapak tempatnya berjualan di area relokasi cukup nyaman. Ia dan para pedagang lain akan berjualan di tempat tersebut kurang lebih setahun hingga Pasar Banyuwangi rampung dibangun.

Bersyukur masih diberi tempat. Jadi tidak terlantar. Kalau soal rezeki, itu sudah ada yang mengatur,” he added.

Pedagang lain, Misnah, juga mengaku siap berjualan mulai hari ini. Misnah ada pedagang aneka minuman yang menempati area relokasi sisi utara Gedung Wanita. Pada Senin siang, Misnah masih mempersiapkan lapaknya. Mayoritas kebutuhan dagangan sudah ia angkut ke tempat relokasi.

Di tempat berdagang yang lama sudah akan dibongkar. Jadi barang-barang sudah dibawa ke sini semua,” kata warga Kelurahan Kepatihan itu.

Baik Sri maupun Misnah berharap tempat berdagang baru di area relokasi akan ramai didatangi pengunjung. Sehingga mereka tetap dapat mendapat rezeki sembari menunggu pembangunan pasar yang akan dilakukan oleh Kementerian PUPR.

Read too: Ditinggal Salat Jumat, Rumah Pensiunan PNS di Banyuwangi Terbakar, Motor Ikut Hangus

Nevertheless, belum seluruhnya pedagang Pasar Banyuwangi menempati lapaknya masing-masing. Pedagang kios bahkan masih menjalani pengundian tempat dagangan. Proses pengundian dilakukan di kantor Gedung Wanita.

Puluhan pedagang mengantre untuk mengambil nomor undian. Setelah mendapat nomor, mereka mendatangi lapak jatah masing-masing. Tempat lapak kemudian ditandai dengan tulisan cat ataupun spidol.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Welfare) Pemkab Banyuwangi MY Bramuda menjelaskan, pemkab menargetkan para pedagang mulai boyongan dan berjualan di tempat relokasi pada Senin ini. Pihaknya memaklumi apabila beberapa pedagang memerlukan waktu tambahan untuk boyongan.

Ada satu dua yang perlu dukungan teknis seperti penyiapan tempat dan lain-lain. Hari ini juga masih ada pengundian. Jadi masih ada hal-hal teknis yang harus dilakukan untuk optimalisasi relokasi,” Bramuda said.

He called, para pedagang notabene harus mulai bergeser setelah mereka mendapatkan nomor undian. Because, para Banyuwangi akan segera dibongkar dalam waktu dekat. Aliran listrik di pasar juga akan diputus untuk persiapan pembangunan.

Karena ada beberapa teman-teman pedagang yang belum siap, kami beri batas hingga akhir Mei. Jadi akhir Mei harus selesai,” he continued.

Sekadar informasi, Pasar Banyuwangi akan dibangun oleh pemerintah pusat dengan anggaran Rp 200 billion. Pembangunan pasar menjadi satu paket dengan revitalisasi kawasan Inggrisan.

As much 352 pedagang pasar dan 200-an pedagang kaki lima akan berpindah ke area relokasi hingga revitalisasi rampung. Pemerintah menargetkan pembangunan Pasar Banyuwangi rampung dalam setahun.