Warga Banyuwangi Geger, Ular Kobra 4 Meter Masuk Perkampungan

  • Bagikan
Tangkapan layar video penangkapan ular jenis King Kobra (istimewa)

Seekor ular jenis King Kobra ditemukan di sekitar perkampungan Dusun Krajan, Desa Mangir, Kecamatan Rogojampi. Ular tersebut berukuran sekitar 4 meter. Hewan melata ini ditemukan sekitar pukul 15.00 WIB, Selasa, 11 Januari 2022. Ular berbisa itu rencananya akan dilepaskan di kawasan hutan Taman Nasional Alas Purwo.

“Info yang saya terima, benar ada ular yang tertangkap,” jelas Kepala Konservasi Wilayah V Banyuwangi BKSDA Jawa Timur, Purwantono, Rabu, 12 Januari 2022.

Video penangkapan ular jenis King Kobra ini beredar di aplikasi percakapan Whatsapp. Dalam video tersebut terlihat dua orang pria memegang ular berukuran besar. Ular tersebut kemudian dimasukkan dalam karung plastik.

Purwantono menambahkan, dirinya belum melihat secara langsung ular tersebut. Namun stafnya sudah mengkonfirmasi bahwa memang benar ada penangkapan ular jenis King Kobra di area pemukiman warga. Mengenai ukurannya, Purwantono belum bisa memastikan apakah benar sepanjang 4 meter.

“Kalau melihat dari videonya segitu. Karena kami belum mengecek langsung. Kalau itu harus dicek dulu secara langsung fisiknya,” jelasnya.

Dijelaskannya, semua jenis ular tidak memiliki habitat khusus. Sehingga mereka bisa berada di tempat manapun yang potensial keberadaan pakan mereka seperti tikus. Sehingga bisa saja ular tersebut berada di kawasan pemukiman penduduk karena mengejar mangsanya. “Terus terjebak tidak bisa kembali,” tegasnya.

Saat ini, lanjutnya, ular tersebut diamankan di rumah warga yang menangkapnya. Pihak BKSDA sudah berkoordinasi untuk pelepasliaran ular tersebut. Purwantono juga sudah berkomunikasi dengan pihak Taman Nasional alas Purwo. “Rencananya akan dilepasliarkan di kawasan hutan Taman Nasional Alas Purwo yang jauh dari pemukiman warga,” jelasnya.

Sumber : https://www.ngopibareng.id/read/warga-banyuwangi-geger-ular-kobra-4-meter-masuk-perkampungan

Baca :
Hilang Sejak Minggu, Nenek 73 Tahun Ditemukan Mengapung di Sungai
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: