Flash News
Home / Infrastruktur / Gedung LP3B Senilai Rp 39 M Resmi Beroperasi
  

Gedung LP3B Senilai Rp 39 M Resmi Beroperasi

gedungROGOJAMPI – Gedung Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (LP3B) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI di lingkungan Bandara Udara Blimbingsari diresmikan kemarin (23/12). Gedung senilai Rp 39 miliar itu diresmikan Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kemenhub Santoso Edi Wibowo bersama Bupati Abdullah Azwar Anas. Gedung sekolah pilot itu pembangunannya menelan dana APBN Rp 39 miliar.

Gedung itu memiliki beberapa fasilitas, seperti ruang kelas, ruang simulator, ruang laboratorium komputer, klinik kesehatan, ruang makan, dan ruang rekreasi. “Ruang simulator itu dilengkapi tiga alat simulator full motion yang digunakan siswa untuk latihan mengendalikan pesawat,” ungkap Santoso. Gedung LP3B itu juga dilengkapi asrama yang dapat menampung 80 taruna.

Selain itu, juga dibangun fasilitas hanggar berkapasitas 12 pesawat latih, apron beserta taxiway atau landasan parkir, dan landasan penghubung antara hanggar dan landasan pacu pesawat. Ba ngun LP3B berdiri di lahan seluas 2,4 hektare dari lima hek tare yang disediakan Pemkab Banyuwangi untuk pembangunan gedung LP3B tersebut. Menurut Santoso, SDM merupakan faktor penting di dunia penerbangan. Pembangunan sekolah pilot LP3B tersebut merupakan upaya Kemenhub memenuhi SDM udara yang profesional dan andal.

“Kebutuhan penerbang semakin meningkat seiring berkembangnya industri penerbangan di Indonesia. Setidaknya dibutuhkan sekitar 800 pilot pertahun,” katanya. LP3B didirikan untuk memenuhi kebutuhan penerbang yang berkualitas. Saat ini LP3B memiliki 47 siswa yang dididik menjadi pilot. Di antara para siswa tersebut ada 11 siswa yang berasal dari Papua dan sebagian lain merupakan calon instruktur penerbang. “Pertengahan 2014 mendatang akan ada 12 siswa angkatan pertama yang diwisuda,” kata Santoso usai peresmian.

Lebih lanjut Santoso mengatakan, tahun ini Kemenhub menambah tiga pesawat latih jenis Cessna 172 SP. To tal pesawat yang dimiliki LP3B berjumlah lima unit. Tahun depan, akan ada penambahan empat pesawat latih lagi. “Hingga tahun 2016, ditargetkan LP3B memiliki 17 pesawat latih. Kami ingin me menuhi rasio ideal satu pesawat latih untuk delapan taruna,” tuturnya. Awalnya, sekolah pilot ini merupakan bagian dari jurusan Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya.

Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, hanya digunakan untuk praktik penerbangan. Setelah LP3B berdiri, pengembangan jurusan di ATKP Surabaya itu menjadi sekolah tersendiri. Sekolah pilot negeri di Banyuwangi ini merupakan fasilitas pendidikan pilot kedua yang dimiliki pemerintah setelah sekolah serupa di Curug, Tangerang, Banten, yang berdiri 1952 silam. Bupati Abdullah Azwar Anas menyambut gembira kehadiran sekolah pilot tersebut.

Berdirinya LP3B semakin melengkapi infrastruktur pendidikan di Kabupaten Banyuwangi. “Banyuwangi bangga dapat melahirkan pilot-pilot andal tanah air. Kami harap LP3B terus bersinergi dan memberikan kesempatan lebih luas bagi putra-putri terbaik daerah menjadi penerbang profesional,” harap Anas. Demi meningkatkan kualitas industri penerbangan nasional, tahun depan Banyuwangi akan mengembangkan Bandara Blimbingsari.

”Tahun depan kami akan membangun bandara berkonsep green airport pertama di Indonesia karena tanpa AC, hanya memanfaatkan sirkulasi udara sehingga operasionalnya low cost,” katanya. Pembangunan berkonsep green airport itu juga menggunakan dana yang minim tapi bangunan yang dihasilkan luar biasa. Pada peresmian gedung LP3B itu juga dilakukan penanaman pohon trembesi di lingkungan gedung LP3B  sebagai bentuk dukungan terhadap program Sedekah Oksigen yang digagas Pemkab Banyuwangi. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

About sidekick

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top