Akses Menuju TNAP mulai Diperbaiki

0
430

aksesTEGALDLIMO – Kekayaan alam yang dimiliki Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Makanya tak salah jika TNAP menjadi objek wisata favorit Banyuwangi. Objek wisata lain di kawasan TNAP adalah Pantai Tri anggulasi, pengamatan satwa di Sadengan, tempat penetasan telur penyu di Ngagelan, wisata mangrove di Bedul, hingga Pantai Plengkung yang terkenal sebagai lokasi surfing.

Agar pengunjung mudah menuju lokasi-lokasi wisata tersebut, jalan yang sebelumnya rusak kini diperbaiki. Total anggaran yang dikucurkan Rp 4,3 miliar. Rinciannya Rp 1,7 mi liar berasal dari APBN dan Rp 2,6 miliar dari APBD II. Data yang diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya (PUBMCK) Banyuwangi, dana Rp 1,7 miliar itu akan digunakan memperbaiki jalan sepanjang 7 ki lometer mulai Trianggulasi hingga gerbang masuk Alas Purwo.

Dana Rp 2,6 miliar itu akan digunakan memperbaiki jalan dari Desa Kedung Gebang menuju pintu gerbang TNAP sepanjang 4 kilometer. Perbaikan jalan itu hingga kemarin masih berlangsung. Beberapa pekerja terlihat sibuk mengerjakan proyek jalan yang menghubungkan sejumlah akses wisata tersebut. Perbaikan jalan tersebut itu mendapat reaksi positif masyarakat dan pengunjung TNAP.

Mereka menilai perbaikan jalan bisa memudahkan wisatawan menuju lokasi wisata. “Bagus jalannya diperbaiki. Ini perlu diapresiasi,” ujar Toni, salah seorang pengunjung TNAP. Pantauan koran ini, pengerjaan jalan di kawasan TNAP sudah sampai di dekat pintu gerbang. Perbaikan dan penambahan fasilitas terlihat di sekitar Pos Pancur yang menjadi pintu masuk menuju Plengkung. (radar)