Angka Harapan Hidup Masyarakat Menyalip Jember

0
152
PARIWISATA: Bupati Abdullah Azwar Anas berbincang dengan warga yang berkunjung di Taman Sritanjung.

Rekomendasi DPRD Atas LKPJ Bupati Banyuwangi Tahun 2012 (2-habis)


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Capaian kinerja pembangunan yang dituangkan dalam laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Abdullah Azwar Anas tahun 2011, mendapat nilai plus dari DPRD. Berdasarkan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2010-2015, dewan mencatat kinerja pemerintah daerah cukup memuaskan.

SELAIN pendidikan, urusan wajib wajib yang mendapatkan apresiasi dari kalangan wakil rakyat adalah sektor kesehatan. Pada tahun 2011, sektor ini mendapat porsi anggaran sebesar Rp 45,876 miliar dan berhasil direalisasikan sekitar Rp 43,683 miliar atau terserap sekitar 95,22 persen. Kinerja sektor kesehatan ini cukup memuaskan yang dibuktikan dengan pencapaian kinerja beberapa indiktor. Salah satu indikatornya, angka kematian bayi per 1000 kelahiran hidup turun dari 7,2 persen ke 6,71 persen.

“Tingkat capian rasio dan jumlah sarana kesehatan pada tahun 2011 hampir 100 persen,” ujar juru bicaranya DPRD, H. Adil Ahmadiyono. Selain itu, angka harapan hidup masyarakat Banyuwangi juga meningkat tajam dan menyalip kabupaten lain. Tahun 2010 angka harapan hidup, angka ada pada 67,58 dan pada tahun 2011 naik ke level 68,05. Begitu juga dengan indeks kesehatan (IK) masyarakat Banyuwangi juga naik menjadi 71,75 dari sebelumnya 70,96.

Loading...

Angka ini berhasil mengalahkan Jember yang IK hanya 63,65 saja. Begitu juga dengan urusan pekerjaan umum, DPRD mencatat sektor ini menjukkan keberhasilan hampir di seluruh indikator. Namun demikian, dewan memberikan rekomendasi agar sektor pekerjaan umum memperhatikan secara serius pemeliharaan jalan dan sarana umum lainnya.

Urusan ketenagakerjaan, dewan juga memberi catatan positif. Beberapa indikator sektor ini, seperti partisipasi angkatan kerja, angka sengketa pengusaha-pekerja, tingkat partisipasi kerja, pencari kerja, sudah sesuai dengan RPJMD yang ditetapkan. Urusan usaha kecil dan menengah (UKM) juga nilai mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Pada tahun 2011, Banyuwangi terpilih sebagai kabupaten penggerak koperasi terbaik ke empat di Indonesia.

Kinerja urusan kebudayaan juga cukup membaik. Salah satu indikator, kesenian dan kebudayaan berjaya meraih prestasi yang membanggakan. “Pelaksanaan BEC, memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas tumbuh berkembangnya seni dan budaya lokal,” kata Ketua DPRD, Hermanto. Urusan ketahanan pangan, merupakan satu-satunya urusan yang tidak terlampui target RPJMD.

Terhadap sektor ini, DPRD merekomendasikan agar eksekutif meningkatkan program dan kegiatan ketahanan pangan. Terhadap beberapa urusan pilihan, dewan juga memberikan apresiasi terhadap pencapian kinerja. Urusan pertanian, urusan kehutanan, urusan pariwisata, urusan kelautan dan periknan, urusan peradagangan, dan urusan perindustrian dinilai berhasil melampui target RPJMD. (radar-bersambung habis)

Loading...

Kata kunci yang digunakan :