Antre Sepanjang 3 Km

0
130

antreKALIPURO – Hingga pukul 19.30 kemarin (13/3) antrean panjang kendaraan di Pelabuhan penyebrangan ketapang belum tuntas. Antrean kendaraan di dominasi jenis kendaraan pribadi  bus, dan truk angkutan barang. Sebelum aktivitas penyeberangan dibuka pukul 05.55 pagi kemarin, antrean kendaraan sudah mengular hingga depan packing plant PT Semen Gresik Tbk. Setelah pelabuhan di buka antrean menyusut. Meski begitu, kendaraan terus datang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Antrean kendaraan tersebut terjadi mulai sekitar pukul 03.30 dini hari kemarin 913/3). Dini hari ini, antrean masih terjadi di pelabuhan dan belum sampai meluber hingga badan jalan. Luberan kendaraan hingga jalan raya baru terjadi jelang pembukaan pelabuhan. Hingga pukul 09.00, antrean kendaraan yang akan menyeberang ke Bali mencapai depan terminal bus sri tanjung.

Menjelang siang hari, antrean terus menyusut hingga depan depo Pertamina Tanjung Wangi. “Saya antre mulai jam 06.00 dan baru berhasil masuk pelabuhan siang ini,” ungkap salah seorang penumpang. Hingga berita ini ditulis, antrean kendaraan belum berhasil dimasukkan ke dalam pelabuhan. Kendaraan yang antre di luar pelabuhan masih relatif banyak dan terus berdatangan. Pagi hingga sore kemarin arus kendaraan dan lalu lintas depan Pelabuhan Ketapang macet total .

Loading...

Sebab, dua ruas jalan dari arah utara dipenuhi antrean kendaraan yang akan menyeberang ke Bali. Kendaraan umum yang akan ke arah Situbondo maupun ke arah Banyuwangi dialihkan ke Jalan Lingkar Ketapang (JLK). Walau sudah dialihkan, tapi kemacetan tetap terjadi. Dari arah utara, kemacetan ter jadi di pertigaan JLK atau depan Mapolsek KP3 Tanjung Wangi. Kemacetan itu dipicu bertemunya arus kendaraan dari arah selatan dan utara. Apa lagi, antrean kendaraan di pertigaan itu di dominasi truk besar yang membawa muatan berat.

Akibatnya, kemacetan kendaraan juga terjadi di JLK sebelah utara. Untuk mengurai kemacetan itu, petugas kepolisian kerja keras mengatur kendaraan yang akan keluar JLK maupun kendaraan yang antre menuju pelabuhan penyeberangan. Pemimpin Cabang PT ASDP Indonesia Ferry (IF) Ketapang Waspada Heruwanto menargetkan antrean kendaraan tuntas sekitar pukul 21.00.

Panjang antrean kendaraan tahun  ini lebih panjang dibanding antrean tahun 2012 lalu. Pada Hari Raya Nyepi 2012 lalu, antrean kendaraan hanya mencapai depan Depo Pertamina Tanjung Wangi. Tahun ini antrean mencapai packing plant Semen Gresik yang jaraknya hampir tiga kilometer dari Pelabuhan Ketapang. “Kendaraan keluarga mendominasi antrean kendaraan yang akan menyeberang,” kata Waspada Heruwanto. Kendaraan roda dua (R2) juga sempat antre di loket masuk pelabuhan. Namun, antrean kendaraan R2 tidak berlangsung lama seperti kendaraan R4.

Antrean panjang itu sebabkan penutupan pelabuhan dalam rangka Hari Raya Nyepi. Pelabuhan ditutup sementara mulai 11 Maret 2013 pukul 23.00. Aktivitas penyeberangan di buka kembali pada 13 Maret 2013 pukul 05.55. Antrean kendaraan mulai terlihat Selasa (12/3) pukul 12.00 dan baru tuntas pukul 21.00 tadi malam. Jika dihitung sejak ter jadi antrean, maka antrean kendaraan di Pelabuhan Ketapang berlangsung selama 34 jam. (radar)

Loading...