Bangun Jalan Alternatif Kalibaru-Glenmore

0
218

bangunBANYUWANGI – Pemerintah daerah terus menggenjot perbaikan jalan. Tahun lalu, perbaikan jalan hotmix panjangnya mencapai 250 Kilometer (Km). Tahun ini target perbaikan jalan rusak mencapai 300 Km. Perbaikan jalan itu dalam rangka mendukung investasi dan memperlancar aktivitas perekonomian di Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Untuk menyulap jalan rusak sepanjang 300 Km itu, pemkab akan menggelontor dana Rp 120 miliar. Anggaran itu akan di gu na kan memelihara dan membangun jalan yang diprioritaskan, yakni jalan poros antar kecamatan, akses pariwisata, dan pendidikan. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga dan Cipta Karya Banyuwangi, Mujiono mengatakan, perbaikan jalan rusak itu akan dibagi menjadi dua. Pertama dari arah barat Kalibaru hingga selatan dan utara .

Di wilayah barat akan dibangun jalan alternatif yang menghubungkan Kecamatan Kalibaru dan Kecamatan Glenmore sepanjang lima kilometer dan lebar empat meter. Pembangunan akan dimulai dari SPBU Krikilan ke utara, be lok kanan, dan akan tembus di kantor Pegadaian Kecamatan Kalibaru. “Jalan itu kita bangun sebagai jalan alternatif.

Jika jalan utama penuh, pengguna jalan bisa melewati jalan alternatif itu,” jelas Mujiono. Selain itu, pemerintah daerah juga akan melebarkan ruas jalan Kalisetail menuju ruang terbuka hijau (RTH) Maron. Saat ini, lebar jalan hanya enam meter dan akan di tambah menjadi 12 meter. Jalan tersebut akan dilebarkan tiga meter di kanan dan tiga meter di kiri. “Poros jalan itu akan kita dibuat double way,“ kata Mujiono.

Terkait akses menuju ob jek wisata, pemkab akan membangun jalan menuju wisata Pantai Plengkung. Jalan yang ada saat ini akan dilebarkan men jadi enam meter mulai Desa Tegaldlimo hingga Dambun tung, Desa Kalipahit. Jalan ke Rowobayu di Ke ca matan Songgon juga akan di rehabilitasi. Jalan di wilayah selatan, perbaikan akan dimulai dari Bangorejo, Bomo, hingga Muncar. Jalan dari Tapanrejo (Muncar) menuju Plampangrejo (Cluring), dan Jalan Tegalsari menuju Bangorejo juga masuk sasaran perbaikan.

Di Banyuwangi utara, pemkab akan membangun jalan dari Kabat menuju Pakis, Sobo, Karangrejo, hingga Pasar Pujasera. Perbaikan jalan dari Glagah menuju Kemiren, Jambesari, Grogol, Pesucen, dan Boyolangu, akan dituntaskan tahun 2013 ini. “Khusus jalan yang rusak akan kita perbaiki se cara langsung tanpa harus me nunggu perencanaan jika ada pengaduan dari warga,” tambah Mujiono. (radar)

Loading...