Dana Perbaikan Jalan Ijen Menjadi Rp 7,2 M

0
195

BANYUWANGI- Kerusakan jalan menuju wisata Gunung Ijen akan dituntaskan tahun 2012 ini. Guna menuntaskan perbaikan jalan tersebut, Bupati Abdullah Azwar Anas akan mengajukan proposal tambahan anggaran sebesar Rp 4 miliar kepada DPRD. Proposal tambahan anggaran itu akan disampaikan dalam pembaha-san perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2012.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tim anggaran eksekutif sudah menuntaskan pembahasan anggaran tambahan per-baikan akses jalan menuju destinasi wisata internasional itu. “Untuk menuntaskan perbaikan kerusakan jalan ke Ijen kita butuh anggaran sekitar Rp 7 miliar lebih,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kadis Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang Banyuwangi, Mujiono.

Dalam APBD 2012, sudah tersedia anggaran perbaikan jalan Ijen sebesar Rp 3,2 miliar. Semula, anggaran itu akan digunakan untuk memperbaiki kerusakan jalan sepanjang tiga kilometer (Km). Namun setelah dihitung ulang, kata Mujiono, anggaran itu tidak cukup untuk perbaikan jalan sepan-jang tiga Km. Jika digunakan hanya untuk memperbaiki jalan rusak, anggaran tersebut sudah cukup.

Namun, karena ada tambahan kegiatan, maka anggaran Rp 3,2 miliar itu hanya cukup untuk satu Km. Tambahan kegiatan itu adalah pengeprasan beberapa tanjakan yang tidak memenuhi standar keselamatan berlalu-lintas. Saat ini, ada satutanjakan yang cukup tajam, yakni tanjakan curam berbentuk huruf “S” di Bukit Erek-Erek pada kilometer 8 setelah Dusun Jambu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin.

Tanjakan tersebut tidak memenuhi elemen geometrik jalan.Untuk memenuhi elemen geometrik jalan, harus dilakukan pengeprasan. Saat ini, ketajaman tanjakan Erek-Erek mencapai 35 persen, dan akan dikeprassehingga menjadi 10 persen. “10 persen sudah memenuhi standar elemen geometrik jalan,” ujar Mujiono. Selain tanjakan Erek-Erek, ada dua titik tanjakan lain yang juga akan dikepras. Hanya, dua tanjakan lain itu tidak terlalu tajam seperti Erek-Erek.

“Anggaran Rp 3,2 miliar itu digunakan untuk mengepras beberapa tanjakan,” katanya. Awalnya, perbaikan jalan menuju Gunung Ijen akan dituntaskan pada tahun 2013 mendatang. Namun, setelah dilakukan pembahasan ulang atas ketersediaan anggaran, maka Bupati Anas memutuskan merampungkan perbaikan jalan itu tahun 2012.

Dalam pembahasan PAK APBD 2012, ada usulan anggaran tambahan untuk perbaikan jalan sebesar Rp 4 miliar. Sehingga, total anggaran perbaikan jalan menuju Ijen dalam APBD 2012 mencapai Rp 7 miliar. Anggaran tambahan Rp 4 miliar itu, ungkap Mujiono, akan digunakan untuk memperbaiki jalan mulai tanjakan Erek-Erek hingga Paltuding.

Dengan tambahan anggaran itu, maka kerusakan jalan menuju Ijen akan teratasi. “Tanjakan dan kerusakan jalan setelah Erek-Erek tidak terlalu parah. Anggaran Rp 4 miliar itu Insyaallahcukup,” tambah Mujiono. (radar)

Loading...