Dapat Undangan, Ratusan Siswa SLB Terharu dan Senang

0
282
PEDULI: Bupati Anas dan istri menyalami salah seorang siswa SLB dalam acara halal bihalal di Pendapa Sabha Swagata Blambangan.

ENAM hari lalu, ratusan siswa/ siswi berkebutuhan khusus memenuhi undangan Bupati Abdullah Azwar Anas untuk berhalal bihalal di Pendapa Shaba Swagata Blambangan. Mereka terharu bertemu dengan Bupati Anas, Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko, dan Sekkab Slamet Kariyono. G elar halal bihalal bersama siswa berkebutuhan khusus, merupakan yang pertama digelar di Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Selama ini, mereka tidak pernah mendapat undangan khusus untuk datang ke rumah dinas Bupati Banyuwangi itu. Acara halala bihalal itu tidak saja dihadiri siswa namun guru sekolah luar biasan (SLB) dan keluarga siswa. Dalam kesempatan itu, Bupati Anas menyampaikan permohonan maaf atas kesalahan dan khilaf selama ini. Permintaan maaf itu disampaikan Bupati Anas sebagai pribadi, keluarga dan pemerintah daerah.

“Acara halal bihalal ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Bupati Anas pada siswa berkebutuhan khusus,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiyono. Jumlah siswa berkebutuhan khusus yang hadir sebanyak 912 orang. Mereka berasak dari Taman Kanak-Kanak Luar Biasa (TKLB) 77 orang; Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) 632 orang; SMPLB sebanyak 121 orang, dan SMALB 62 orang siswa. Sedangkan jumlah pendidikan LB sebanyak 39 unit.

TKLB sebanyak sembilan unit, SDLB 18 unit; SMPLB sembilan unit, dan SMALB tiga unit. Secara khsus Bupati Anas menyampaikan terima kasih kepada dedikasi dan kepedulian yang telah mendidik siswa yang berkebutuhan khusus. Dedikasi dan perjuangan guru pada sekolah LB perlu mendapat apresisasi. “Kepada para guru, kami menyampaikan terima kasih atas pengabdiannya yang tanpa pam-rih,” ucap Bupati Anas.

Pemerintah daerah, belum mampu memberikan balasan yang setimpal atas dedikasi dan ke padanya. Semoga perjuangan dan pengabdian guru SLB mendapat balasan dari Allah Swt. Dalam kesempatan itu, Bupati Anas berkesempatan berdialog dengan siswa SLB. Saat diberi kesempatan bicara, mereka mengaku senang dan terharu dengan acara halal bihalal yang digelar Bupati Anas.

Para siswa SLB itu minta Bupati Anas secara rutin menggelar acara yang sama pada tahun-tahun mendatang. Selain itu, mereka juga menyampaikan bebera-pa permohonan kepada orang nomor satu di jajaran Pemkab Banyuwangi itu. Beberapa permohonan siswa SLB itu antara lain, mereka minta Bupati Anas membantu siswa SLB sesuai kekurangan yang miliki masing-masing siswa.

Selain itu, mereka juga minta untuk difasilitasi untuk mengikuti even-even yang di gelar tingkat provinsi dan nasional. Beberapa permohonan siswa SLB itu, mendapat respon Bupati Anas. Dia berjanji untuk terus memperhatikan kelanjutan pendidikan siswa SLB. “Bantuan berdasarkan kekurangan siswa, saya setuju. Pak Sekda, tahun 2013 mendatang bantuan siswa SLB diberikan berdasarkan kebutuhan siswa,” pinta Bupati Anas.

Usai acara seremonial, Bupati Anas menyalamai satu persatu siswa yang memiliki kebutuhan khusus itu. Meski harus melayani ratusan siswa, Bupati Anas bersama isterinya Ny. Ipuk Feistiandi rela berdiri hampir satu jam untuk melayani mereka. Saat menyalami mereka, Bu-pati Anas terus memberikan motivasi dan semangat pada siswa yang memiliki keterbatasan fisik itu. (radar)

Loading...