Desa Sarongan Punya Rumah Pintar

0
385

PESANGGARAN – Masyarakat Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran patut berbangga. Karena, saat ini desa yang berada diujung selatan Kabupaten Banyuwangi telah memiliki Rumah Pintar Internet (Rapinet). Rumah Informasi Teknologi (IT) ini merupakan penemuan pemuda Desa Sarongan, Gama Irzi Muhtadi.  Praktis dengan adanya Rumah Internet ini Desa Sarongan yang sebelumnya tidak bisa berinteraksi ke luar melalui media IT, kali ini mereka bisa menjelajah dunia melalui internet.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Sejak kehadiran Rapinet di Desa Sarongan, masyarakat menjadi lebih melek teknologi. Bahkan, sejak di  online kan server internet di Balai Desa Sarongan, warga sudah banyak yang menggunakan akses inter- net. “Kalau tidak salah saat ini sudah ada 17 pelanggan yang menikmati layanan kami. Ini rakitan kami sendiri lho bukan dari Telkom,” ujar Irgi, sapaan akrab Gama Irzi Muhtadi.

Munculnya ide untuk mendirikan Rapinet tersebbut karena dia ingin memudahkan masyarakat agar bisa berinteraksi dengan dunia luar melalui IT. “Apalagi kami telah berkali-kali minta ke Telkom untuk diberi saluran internet, mereka selalu enggan. Ya akhirnya kami bertekad bisa dirikan internet sendiri,” terang mahasiswa STIKI Malang ini.

Loading...

Untuk mewujudkan Rapinet ini, tutur Irgi, cukup rumit. Awalnya, dia cukup kesulitan untuk mendapatkan modal dana.  Berkat berkonsultasi dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), akhirnya  mendapat bantuan modal Rp 65 juta. Tapi dana itu belum cukup. Akhirnya, Irgi bersama teman-temannya berwadaya hingga terkumpul dana Rp 118 juta ditambah bantuan dari Pemda Banyuwangi, Rp 65 juta.

“Akhirnya, jadilah Rapinet ini,” ujarnya Sementara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang meresmikan secara langsung Rapinet ini, mengaku kagum dan memuji prestasi anak-anak Desa Sarongan.  Menurutnya, berdirinya Rapi- net merupakan prestasi yang luar biasa, anak-anak Sarongan. Sebab mereka bisa menggunakan internet untuk mengakses semua data. “Hebatnya lagi bisa teleconference juga dari sini (balai desa Sarongan, Red),” ujar Bupati Anas, yang malam itu juga melakukan teleconference dengan petugas Kantor Dinas Perhubungan Pemkab Banyuwangi. (RADAR)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2