Hemat Anggaran dengan Lampu Rakitan Sendiri

0
5293

Di beberapa daerah, pemeliharaan traffic lightdiserahkan kepada pihak ketiga. Di Ba nyuwangi, pemeliharaan dilakukan sen-diri oleh tim. Selain biayanya lebih mu rah,
pelayanan lebih cepat ketimbang di serahkan kepada pihak ketiga. “Kalau diserahkan pihak ketiga, kalau ada kerusakan tidak cepat ditangani,” ucap Hendra.

Kalau dikerjakan sendiri, kerusakan bisa cepat ditangani tanpa harus menunggu. Pelayanan traffi c light membutuhkan reaksi cepat dan tepat. Kerusakan traffic light tidak bisa dibiarkan berlangsung lama. Sebab, kalau terlalu lama akan mengganggu kenyamanan dan keamanan serta keselamatan pengguna kendaraan di jalan raya.

Terkait operasional, satu titik traffic light disediakan 900 hingga 1300 watt. Setiap satu unit lampu membutuhkan 100 hingga 130 watt. Selama ini, sistem pembayaran rekening traffic lightmasih menggunakan sistem kontrak dengan PLN sebagai penyedia strum. Ke depan, traffi c lightakan menggunakan sistem meterisasi demi menghemat strum.

Selain akan menggunakan sistem meterisasi, Dinas Perhubungan juga sedang merancang traffi c lightbertenaga surya. Itu akan lebih hemat ketimbang menggunakan strum PLN. “Kita sedang mencari inovasi agar bisa mengganti traffi c light bertenaga surya,” papar Hendra. (Radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2