Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Jelang Musim Liburan Sekolah, TNI-Polri Bareng Pokdarwis Tampil Kompak: Sapu Bersih Sampah di Pesisir Pantai Gumuk Kantong Banyuwangi

jelang-musim-liburan-sekolah,-tni-polri-bareng-pokdarwis-tampil-kompak:-sapu-bersih-sampah-di-pesisir-pantai-gumuk-kantong-banyuwangi
Jelang Musim Liburan Sekolah, TNI-Polri Bareng Pokdarwis Tampil Kompak: Sapu Bersih Sampah di Pesisir Pantai Gumuk Kantong Banyuwangi
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda

Radarbanyuwangi.id – Untuk menjaga kebersihan destinasi wisata, anggota Polsek Muncar bersama Koramil, Pos TNI AL Muncar, dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) menggelar bersih-bersih di Pantai Gumuk Kantorng Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar, Senin (24/6).

Gotong royong dengan membersihkan sampah laut itu, dilakukan untuk menjaga kebersihan pesisir pantai dari sampah plastik dan ranting pohon yang terbawa air laut. “Ini kita gelar bersama-sama,” terang Kapolsek Muncar, Kompol Ali Masduki.

Menurut Kapolsek, kegiatan gotong royong ini juga bentuk sinergi antara kepolisian dengan instansi terkait dan masyarakat nelayan sadar wisata. “Kami ingin mewujudkan lingkungan bersih dan sehat,” katanya.

Melalui bersih-bersih pantai ini, pihaknya ingin memberikan edukasi dan penyadaran tentang bahaya pencemaran laut kepada masyarakat. “Kami juga melibatkan masyarakat, ini juga untuk mendorong masyarakat agar berperan serta dalam menjaga kebersihan pantai,” ujarnya.

Kapolsek menyebut bersih-bersih laut ini sebetulnya rutin dilaksanakan dengan sinergi TNI-Polri, instansi terkait, dan masyarakat. “Kami ingin memberikan perhatian pentingnya menjaga kebersihan, karena Pantai Gumuk Kantong ini salah satu asset destinasi wisata di Kecamatan Muncar,” jelasnya.

Melihat anggota TNI dan Polri membersihkan sampah ranting kayu dan sampah plastik di tepi pantai, sejumlah pengunjung wisata juga ikut terlibat. “Saya malu, pak polisi dan TNI semua bersih-bersih masak saya enak duduk-duduk. Jadi ikutan bersih-bersih ambil sampah,” cetus Ridwan, 34 salah seorang pengunjung.

Kegiatan bersih-bersih pantai yang dilakukan oleh TNI dan Polri tersebut sangat menginspirasi masyarakat. “Kalau TNI dan Polri bersatu dan kompak, kami rakyat juga merasa senang dan tenang,” pungkas warga Muncar itu.(ddy/abi)