Kerusakan Jalur Mudik Ditambal Sulam

0
146

kerusakanBANYUWANGI – Mendekati musim mudik tahun ini, pemerintah mulai memperbaiki kondisi jalan raya dalam mendukung kenyamanan pengguna jalan. Salah satu yang dilakukan adalah memperbaiki sejumlah ruas jalan yang dalam kondisi rusak di Banyuwangi. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina MargaCipta Karya dan Tata Ruang Banyuwangi, Mujiono mengatakan, untuk musim mudik tahun ini, secara umum fasilitas dan kondisi jalan sudah cukup siap untuk dilalui bagi pemudik. “Secara umum siap,” katanya singkat.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Mujiono menambahkan, ada tiga jenis jalan yang siap dipergunakan untuk pemudik di Bumi Blambangan. Tiga jenis jalan ini adalah jalan nasional sepanjang lebih kurang 120 Km, jalan provinsi sepanjang 90 Km, dan jalur milik kabupaten sepanjang 3.250 Km. Secara teknis, semua jalan yang ada itu masih dalam kondisi layak pakai. Namun Mujiono mengakui, ada sejumlah ruas jalan yang kondisinya masih rusak saat ini. 

Loading...

Untuk memperbaikinya, Dinas PU akan melakukan perbaikan sesuai dengan kondisi dan lokasi kerusakan tersebut. Di antaranya dengan menerapkan format tambal sulam terhadap jalan yang rusak atau berlubang. Cara tambal sulam ini dianggap sebagai solusi cepat untuk mengatasi kerusakan jalan saat ini. Selain kondisi secara umum jalan masih layak, tingkat kerusakannya pun masih belum parah dan berada di dalam titik tertentu. Meski begitu, Mujiono tidak merinci lokasi mana saja yang nanti menjadi target untuk diperbaiki secara tambal sulam.

Alasannya, kondisi dan tingkat kerusakan di sejumlah ruas jalan tidak sama. “Perbaikan sudah dilakukan di sejumlah titik. Solusinya untuk perbaikan jelang Lebaran nanti, ya pakai tambal sulam,” ujarnya. Metode ini juga menjadi solusi dibalik anjuran tidak adanya pengerjaan atau perbaikan skala besar H-30 di jalan raya. Alhasil, untuk mendukung kelancaran pemudik mendatang, Mujiono menegaskan kondisi jalan di Banyuwangi baik dan siap mendukung kelancaran pemudik. (radar)

Loading...