Krisis Tempat Pembuangan Sampah

  • Bagikan

krisisGENTENG – Kecamatan Genteng sebagai salah satu kota terbesar kedua setelah Banyuwangi diam-diam menyimpan masalah. Problem sampah kini menjadi pekerjaan rumah serius yang harus segera dicarikan jalan keluarnya. Hingga saat ini Kecamatan Genteng belum memiliki tempat pembuangan sampah (TPS) yang memadai. Kondisi ini tentu saja cukup mengkhawatirkan.

Apalagi bila tidak sampai tertanggulangi sampah dapat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia. Tidak hanya ancaman penyakit yang bisa menyerang manusia. Problem sampah sebetulnya sudah menjadi perhatian utama pemerintah Kecamatan Genteng. Camat Genteng Yusdi Irawan mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali mencoba mencari solusi untuk mengatasi masalah sampah. Hanya saja, pihaknya mengaku ada beberapa problem yang ditemui di lapangan. “Kita sudah coba carikan solusinya.

Termasuk lokasi TPSnya, tapi belum menemukan tempat yang pas,” ujarnya.  Untuk mengatasi masalah sampah di Genteng sebetulnya sudah ada TPS di kawasan Karetan, Desa Genteng Wetan. Namun, lokasi itu tidak terjaga dan tidak terawat. Imbasnya, lingkungan di sana menjadi kotor dan bau. Dampak sampingan lainnya, masyarakat menolak dijadikan TPS. Belum adanya TPS di Genteng rupanya membuat penampungan sampah di Pasar Genteng menjadi favorit masyarakat. Tidak jarang sampah sering kali menumpuk hingga menutup bahu jalan. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: