Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Lezatnya Kari Pedas Ikan Pari Banyuwangi, Bebas Bau Amis

Kari pedas Ikan Pari di Warung Kare Pedas Iwak Pe di jamin bebas pesing dan amis (foto : Ngopibareng.id)

Ngopibareng.id – Ikan pari atau masyarakat Jawa menyebutnya iwak pe identik dengan bau pesing. Ikan yang dalam bahasa latinnya bernama batoidea ini juga memiliki bau amis yang kuat. Di Banyuwangi, Jawa Timur, terdapat kuliner ikan pari yang dijamin tidak pesing dan bebas dari bau amis.

Kuliner ikan pari istimewa ini terdapat di pusat kota Banyuwangi tepatnya di Jalan Piere Tendean atau kawasan Stasiun lama. Warung dengan sajian kuliner Ikan Pari ini bernama ‘Kare Pedas Iwak Pe’. Di sini Iwak pe di masak bumbu kari dengan rasa spesial. Sesuai nama warungnya, Kari ikan pari di tempat ini dijamin pedas.

“Kami jamin menu kari iwak pe pedas sajian kami bebas dari bau pesing dan amis,” ungkap pemilik Warung Kari Iwak Pe Pedas, Enot Sugiharto.

Ikan pari yang disajikan, menurutnya, dipastikan selalu segar. Karena ikan pari dibeli langsung dari nelayan dan dimasak pada hari yang sama. Dalam kondisi yang masih segar, ikan pari langsung dimasak dan melalui proses tertentu untuk menghilangkan bau pesing dan amisnya.

Dia memastikan proses menghilangkan bau pesing dan amis ini tidak akan mengurangi citarasa ikan pari yang khas. “Pecinta ikan pari bisa lebih merasakan lezatnya ikan pari tanpa bau pesing dan amis,” jelasnya.

Satu porsi kari pedas ikan pari hanya dipatok seharga Rp15 ribu. Harga ini sudah lengkap dengan nasi. Wajar kalau menu kuliner ikan pari ini sering sudah habis sebelum jam tutupnya warung. Karena selain rasanya yang nikmat, harga kuliner laut di warung ini juga sangat murah.

Warga Perumahan Puri Gading, Desa Dadapan, Kecamatan Kabat ini menyebut, warungnya saat ini hanya beroperasi mulai pukul 11.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. “Untuk sementara kami buka saat mulai jam makan siang hingga makan malam saja,” ungkapnya.

Salah seorang pengunjung warung kari iwak pe pedas, Kusuma Atmadja, 30 tahun, mengatakan, kari iwak pe pedasnya benar-benar bebas dari bau pesing dan amis. Sehingga dirinya benar-benar bisa menikmati lezatnya salah satu ikan yang kaya protein ini.

“Bumbu kari pada iwak pe lebih meresap dan sensasi pedasnya membuat terasa semakin nikmat di lidah,” ujar warga Kelurahan Klatak, Banyuwang ini.

Sumber : https://www.ngopibareng.id/read/lezatnya-kari-pedas-ikan-pari-banyuwangi-bebas-bau-amis