Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Mantap! 8 Desa Wisata di Jatim Raih ADWI 2023

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda


Surabaya

Sebanyak 8 desa wisata di Jawa Timur meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Hal ini berarti, Jatim menjadi wilayah dengan desa wisata terbaik dan terbanyak se-Indonesia.

Sebelumnya, Menparekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno mengumumkan 75 Desa Wisata Terbaik. Pengumuman disampaikan langsung secara online melalui Instagram @kemenparekraf.ri pada Selasa (21/3/2023) malam.

Dari pengumuman tersebut diketahui Provinsi Jawa Timur berada di urutan pertama menyumbangkan 8 Desa Wisata Terbaik.

Jumlah itu menjadi yang tertinggi nasional dibandingkan provinsi lain, yakni Sulawesi Selatan dan Jawa Barat masing-masing ada tujuh Desa Wisata Terbaik, serta Jawa Tengah dan Sumatera Barat dengan masing-masing lima Desa Wisata Terbaik.

Usai pengumuman final peraih ADWI 2023, selanjutnya akan dilakukan peninjauan dan penilaian secara langsung ke 75 Desa Wisata Terbaik oleh Menparekraf RI bersama para dewan juri.

“Jadikan capaian ini sebagai motivasi untuk terus mengembangkan Desa Wisata yang berkualitas dan berkelas dunia,” pesan Sandiaga Uno.

Gubernur Khofifah8 Desa Wisata di Jatim raih ADWI 2023 Foto: Dokumen Humas Pemprov Jatim

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi hasil pengumuman ADWI 2023. Khofifah bersyukur atas pencapaian ini. Ia berharap capaian ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Alhamdulillah, delapan Desa Wisata di Jawa Timur telah terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik. Dari total 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Jawa Timur berhasil menyumbangkan jumlah tertinggi, delapan Desa Wisata,” kata Khofifah.

“Semoga bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata dan mendukung tercapainya target kunjungan wisata ke Jawa Timur mencapai 238 juta wisatawan di 2023,” imbuhnya.

Sebanyak 8 Desa Wisata Terbaik di Jawa Timur Peraih ADWI 2023 diantaranya Desa Wisata Kampung Heritage Kajoetangan (Kota Malang), Desa Wisata Edelweiss Wonokitri (Kab Pasuruan), Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo (Situbondo), dan Desa Wisata Duren Sari Sawahan (Trenggalek).

Selain itu ada pula Desa Wisata Ketapanrame (Kab Mojokerto), Desa Wisata Bira Tengah (Sampang), Desa Wisata Sendang (Pacitan) dan Desa Wisata Bowele (Kab Malang).

Kadisbudpar Jawa Timur, Hudiyono menjelaskan, proses kurasi telah dilakukan secara cermat oleh dewan juri dari Kemenparekraf RI. Setelah diumumkan hari Sabtu 18 Maret 2023 total ada 49 Desa Wisata di Jawa Timur yang lolos masuk 500 besar nasional.

Selanjutnya, pada hari Minggu 19 Maret 2023 proses seleksi berlanjut ke tahap 300 besar. Tercatat ada 29 Desa Wisata di Jawa Timur yang lolos pada tahap tersebut. Hingga akhirnya terpilih delapan Desa Wisata Terbaik dari Jawa Timur yang meraih ADWI 2023.

Ia menjelaskan, capaian ADWI 2023 ini menjadi yang tertinggi dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2022 total hanya empat Desa Wisata Terbaik meraih ADWI, yakni Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep, dan terakhir di Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso.

Sebelumnya, di tahun 2021 Jawa Timur menyumbang enam Desa Wisata Terbaik, yakni Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, Desa Wisata Ranupani di Lumajang, Desa Wisata Serang di Kab Blitar, Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong di Kab Mojokerto, Desa Wisata Sanankerto di Kab Malang dan Desa Wisata Kampung Blekok di Situbondo. Satu Desa Wisata yakni Pujon Kidul di Kab Malang mendapatkan penghargaan khusus Mandiri Inspiratif.

Simak Video “Jelajah Wisata Alam Seribu Goa Banuarea yang Eksotik
[Gambas:Video 20detik]
(hil/fat)

source