Normalisasi Drainase, Rutin Gelontor Air Sungai

0
2836

Arief menambahkan, di antara tenaga pemelihara kebersihan sungai ini ada pasukan elitnya yang ketika cuaca tidak mendukung atau pada saat hujan lebat mereka langsung tersebar dibeberapa titik genangan atau saluran-saluran drainase yang berpeluang menimbulkan banjir. Pasukan elit atau satgas yang dibentuk oleh Bupati Abdullah Azwar Anas itu memiliki tugas utama yaitu melakukan normalisasi saluran drainase dan saluran air kotor.

Pada musim kemarau, setiap hari tim tersebut berada di beberapasungai di Banyuwangi. Selain membersihkan sugai dari sampah, tim tersebut juga bertugas membersihkan saluran drainase. Tim Satgas disebar di beberapa lokasi. Pendataan tim satgas banjir, di kecamatan banyuwangi ada sekitar sepuluh titik genangan air.

Durasi genangan air berkiasar 15 menit hingga 30 menit. Jika genangan air disebabkan debit air hujan, maka genangan air tersebut akan surut saat hujan berakhir. ”Tetapi, jika genangan tersebut disebabkan saluran drainasse tersumbat, maka satgas banjir harus bertindak,” pungkas mantan Camat Kota Banyuwangi itu. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2