Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Nyamar, Maling Kotak Amal Banyuwangi Pakai Busana Muslim

Tangkapan layar video rekaman CCTV pelaku pencurian kotak amal di Banyuwangi, yang menggunakan pakaian muslim lengkap dengan songkoknya. (Foto: istimewa)

Ngopibareng.id – Pelaku pencurian spesialis kotak amal yang ditangkap warga di Banyuwangi, Dwi Rubiyanto, 37 tahun, sudah mempersiapkan aksinya secara matang. Untuk mengelabui masyarakat, pria ini mengenakan busana muslim lengkap dengan songkok. Sehingga masyarakat tidak merasa curiga kepada residivis kasus pencurian ini. Karena sekilas dia nampak seperti orang yang hendak salat.

“Saat beraksi pelaku mengenakan busana muslim,” jelas Kapolsek Srono, AKP Junaidi, Jumat, 21 Januari 2022.

Dia menyebut, pelaku diyakini sengaja mengenakan pakaian muslim untuk melancarkan aksinya. Sehingga pada saat pelaku berkeliling untuk mencari sasaran kotak amal, tidak ada kecurigaan dari masyarakat. “Dia mengenakan pakaian tersebut untuk mengelabui masyarakat, agar masyarakat tidak curiga,” tegasnya.

Aksi pencurian yang dilakukan warga Dusun Sampangan, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi ini sempat terekam kamera CCTV Masjid Darul Hidayah,di Dusun Umbulrejo, Desa Bagorejo, Kecamatam Srono, Banyuwangi.

Ada dua rekaman CCTV yang beredar. Satu video menggambarkan saat  pelaku mencoba membuka gembok rantai yang mengikat kotak amal. Video yang lain menggambarkan saat warga memergoki pelaku di area tempat wudhu masjid.

Dalam video pertama tergambar pelaku mengenakan sarung berwarna merah dan baju muslim berwarna putih dengan dibalut jaket berwarna hitam. Pada bagian kepala, pelaku tampak mengenakan songkok berwarna putih. Pada pinggangnya, tampak tas berwarna hitam.

Pada yang berdurasi 2 menit 13 detik ini pelaku terlihat menggeser posisi kotak amal. Selanjutnya dia berusaha membuka gembok yang terhubung dengan rantai pada kotak amal tersebut. Di akhir video dia tampak meninggalkan kotak amal dan berpindah ke sisi lain masjid.

Sementara pada video kedua, pelaku terlihat berada di atas sepeda motornya dan hendak kabur. Namun aksinya dihalangi oleh seorang warga yang kemudian menendang bagian belakang motor untuk menghentikan pelaku.

Sesaat kemudian semakin banyak warga yang berdatangan ke lokasi sehingga pelaku tidak bisa meninggalkan tempat itu. Masih dalam video berdurasi 5 menit 35 detik itu juga terekam saat sejumlah warga melampiaskan kemarahan pada pelaku.

Seperti diketahui, Dwi Rubiyanto nyaris bonyok dihajar massa. Gara-garanya, pria ini terpergok mencuri kotak amal di Masjid Darul Hidayah yang berada di wilayah Dusun Umbulrejo, Desa Bagorejo, Kecamatam Srono, Banyuwangi. Saat itu, pelaku sedang mencongkel kotak amal di area tempat wudhu Masjid tersebut.

Sumber : https://www.ngopibareng.id/read/nyamar-maling-kotak-amal-banyuwangi-pakai-busana-muslim

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE