Pelabuhan Utama Empat Kabupaten

0
232

pelabuhanBANYUWANGI – Selain bisa melayani ekspor-impor secara langsung ke luar negeri, Pelabuhan Tanjung Wangi juga akan menjadi pelabuhan utama lima kabupaten di Jawa Timur. General Manager PT. Pelindo III Tanjung Wangi, Bangun Swastanto mengakui, Pelabuhan Tanjung Wangi harus siap menjadi pelabuhan utama di kawasan timur Provinsi Jawa Timur. Karena itu, Tanjung Wangi dituntut bisa menampung produk yang akan diekspor dari Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bangun menambahkan, fasilitas pelabuhan yang berlokasi di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, itu akan terus dikembangkan.Bahkan, Pelabuhan Tanjung Wangi akan menyiapkan windows system yang berfungsi mengetahui keluar-masuknya kapal. ”Windows system itu sudah digunakan di Banjarmasin dan Semarang,” jelasnya. Sementara itu, perkembangan Pelabuhan Tanjung Wangi yang bisa langsung melayani ekspor ke luar negeri disambut baik beberapa pihak.

Para pelaku usaha melakukan dialog interaktif dengan PT. Pelindo III Tanjung Wangi di Pendapa Sabha Swagata Blambangan kemarin (28/5).  Dalam dialog interaktif tersebut, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas meminta PT. Pelindo terus mengembangkan diri. Bupati Anas menegaskan, pemkab akan terus mendukung ikhtiar Pelindo. Selain itu, imbuh Anas, pertumbuhan ekonomi Banyuwangi saat ini tidak tercatat dengan baik. Sebab, neraca pertumbuhan ekonomi Banyuwangi tercatat di Surabaya.

Begitu halnya dengan perdagangan antar-pulau, juga tidak tercatat dengan baik, seperti perdagangan dari Banyuwangi ke Bali dan ke Kalimantan. Menurut Anas, semua tidak terdata dengan baik karena kegiatan ekspor-impor tidak melalui pelabuhan. Karena itu, ke depan, Pelabuhan Tanjung Wangi diharapkan bisa menjadi pencatat pertumbuhan ekonomi Banyuwangi.

Sementara itu, para pelaku usaha sudah siap memperlancar arus lalu lintas laut melalui Pelabuhan Tanjung Wangi. Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bea Cukai, beberapa operator pelayaran, serta pihak Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Banyuwangi siap membantu PT. Pelindo melakukan kegiatan ekspor-impor melalui Tanjung Wangi. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya