Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Pertamina Pastikan Stok BBM-Elpiji Aman Selama Nataru 2024

pertamina-pastikan-stok-bbm-elpiji-aman-selama-nataru-2024
Pertamina Pastikan Stok BBM-Elpiji Aman Selama Nataru 2024
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda
Surabaya

Sejumlah persiapan sedang dilakukan pemerintah jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Termasuk memastikan stok BBM hingga gas dalam kondisi aman.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Dwi Puja Ariestya mengatakan khusus Nataru 2024, pihaknya sudah membentuk satgas khusus sejak 15 Desember 2023. Menurutnya, tim sudah bekerja dan memastikan stok di terminal BBM atau di lembaga penyalur tersedia.

“Yang jelas, baik itu di fuel terminal atau di lembaga penyalur dijamin ada stoknya,” kata Ariestya saat ditemui di SPBU Rest Area 751A Mojokerto-Surabaya, Rabu (20/12/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pihaknya juga mengantisipasi kenaikan permintaan. Untuk gasoline, sekitar 3 hingga 4%. Lalu, solar dinilai agak menurun lantaran pada saat satgas melakukan pembatasan pada kendaraan niaga, sesuai regulasi dari pemerintah. Namun, pihaknya mengaku juga tengah menyiapkan kenaikan suplai mulai 5 sampai 15%.

“(Kenaikan 5 sampai 15%) semua produk yang kita prediksi seperti itu dibanding hari normal. Selain itu, kami menyediakan 10 titik modular semacam pertashop, itu kami sebut modular, di situ bisa membeli produk BBM Pertamina,” jelasnya.

pertamina patikan stok bbm n elpiji aman selama libur nataru 2024Pertamina pastikan stok BBM aman selama libur nataru 2024/ Foto: Praditya Fauzi Rahman

Selain itu, ada sekitar 100 motorist. Salah satunya Rest Area 725 A yang bertujuan mengantisipasi konsumen kesulitan BBM saat perjalanan dengan ukuran sekali bawa sekitar 20 liter dan pengantaran dengan pengawasan kepolisian atau Jasa Marga.

“Kami antisipasi beberapa lokasi misal jalur tol, wisata di Malang, Banyuwangi dan Bali, itu daerah yang kita antisipasi kenaikan (Pembeli),” paparnya.

Terkait Avtur, ia mengaku kenaikan diprediksi hingga 13%. Sebab, ada 2 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) terbesar, yakni di Ngurah Rai Bali dan Juanda Sidoarjo yang notabene sebagai tujuan pariwisata dan mudik.

Pihaknya juga mengantisipasinya dengan menaikkan stok. Sementara, untuk elpiji kenaikan sekitar 1,3%. Nanti, baik di agen dan pangkalan siaga dan dipastikan distribusinya aman.

“Sudah mulai naik ini, tanggal 29 ada lagi, ramainya 29-an. 2 kali sebelum natal dan sebelum tahun baru,” tutupnya.

Simak Video “Keindahan Menara Eiffel Jelang Liburan Natal dan Tahun Baru 2024 [Gambas:Video 20detik] (pfr/fat)