Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

PTPP Kebut 5 Proyek PSN Jokowi Kelar di 2024

ptpp-kebut-5-proyek-psn-jokowi-kelar-di-2024
PTPP Kebut 5 Proyek PSN Jokowi Kelar di 2024
Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda
Jakarta

Perusahaan BUMN konstruksi dan investasi PT PP (Persero) Tbk alias PTPP terus mempercepat pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditugaskan dari pemerintah. Setidaknya ada 5 proyek yang ditargetkan bisa selesai di 2024.

“Ada 5 top proyek PSN yang akan selesai di 2024,” kata Direktur Operasi Bidang Infrastruktur PTPP, Yul Ari Pramuraharjo dalam Public Expose 2023 secara virtual, Rabu (20/12/2023).

Proyek pertama yang ditargetkan selesai di 2024 adalah Bendungan Bagong di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. PSN ini digadang-gadang akan memiliki kapasitas tampung 17,40 juta m3 untuk menambah jumlah tampungan air guna mendukung program ketahanan pangan dan air.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Proyek Bendungan Bagong ini sudah mendekati selesai,” tutur Agus.

Kedua, Bendungan Way Apu di Maluku juga ditargetkan selesai 2024. Bendungan ini memiliki kapasitas daya tampung sebesar 50,05 juta m3.

“Ini kita akan selesaikan di Desember ini untuk pekerjaan tunnel-nya sehingga pekerjaan tubuh bendungnya bisa dilanjutkan di 2024 dan diselesaikan di 2024,” beber Agus.

Ketiga, Bendungan Manikin di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sama seperti Bendungan Way Apu, pengerjaannya saat ini sedang dalam tahap penyelesaian tunnel dan penyelesaian keseluruhan ditargetkan bisa selesai di 2024.

Keempat, Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino sepanjang 34 km ditargetkan selesai 2024. Ini merupakan tol pertama di Jambi yang menyambungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung.

Terakhir, Tol Probowangi (Probolinggo-Banyuwangi) yang juga dikebut pengerjaannya di 2024. “Sekarang masih terkendala di lahan. Ini nanti penjualan atau produksi besar akan dilakukan di 2024,” tambah Agus.

Dilansir dari Antara, PTPP dipercaya mengerjakan 30 PSN yang mana 10 proyek telah diselesaikan pada 2023 dan 20 proyek lainnya masih dalam tahap pengerjaan.

Dari sektor PSN yang dikerjakan, terdapat 37% proyek bendungan, 26% proyek pembangunan jalan tol, 13% proyek fasilitas prasarana transportasi (bandara dan pelabuhan), sisanya terdiri atas proyek pos lintas batas, serta Proyek Engineering, Procurement, dan Construction (EPC) dan infrastruktur lainnya.

Lihat juga Video: Ragam Reaksi soal Cak Imin Sebut Tukang Becak Tak Nikmati Pembangunan Tol [Gambas:Video 20detik]

(aid/rrd)