Segera Layani Penerbangan Malam

0
451
RAMAIKAN PENERBANGAN: Pesawat Wings Air dan BIFA parkir di Bandara Blimbingsari, Kecamatan Rogojampi.
RAMAIKAN PENERBANGAN: Pesawat Wings Air dan BIFA parkir di Bandara Blimbingsari, Kecamatan Rogojampi.

BANYUWANGI – Bandar Udara Blimbingsari, Kecamatan Rogojampi, sebentar lagi bisa melakukan aktivitas penerbangan pada malam hari. Proses pemasangan airfield lighting system runway (ALSR) sepanjang 1.400 meter segera rampung.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Saat ini, pengerjaan ALSR sudah rampung 95 persen. Pihak satuan kerja (satker) Bandara Blimbingsari menargetkan pengerjaan itu rampung 100 persen Desember 2012 mendatang.

Pemasangan ALSR itu menelan anggaran sekitar Rp 5 miliar. Anggaran itu berasal dari anggaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI tahun 2012. “Sekarang sedang mengerjakan instalasi elektrik,” ungkap Kepala Satker Bandara Blimbingsari, Andy Hendra Suryaka.

Untuk mengoperasikan ALSR, ungkap Andy, dibutuhkan sekitar 125 KVA aliran listrik. Jika ALSR sudah berfungsi, maka bandara sudah bisa beroperasi pada malam hari Meski bandara sudah bisa beroperasi pada malam hari, tapi penerbangan tidak secara otomatis bisa dilakukan malam hari.

Loading...

Untuk bisa beroperasi pada malam hari, maskapai penerbangan harus memiliki izin dari Ke menhub. “Untuk menambah jam operasi pada malam hari, mas kapai harus mengajukan izin dulu ke direktorat navigasi penerbangan,” jelas Andy. Setelah izin terbang malam keluar, maskapai penerbangan baru boleh terbang pada malam hari. “Secara fasilitas, airfi eld ligh ting system runway bandara adalah syarat untuk operasi pada malam hari,” jelasnya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2