Warga Gotong Royong Uruk Jalan

0
116

jalan-yang-rusak-di-desa-ringintelu-oleh-warga-diuruk-dengan-gotong-royong-kemairn

BANGOREJO- Jalan di Dusun Ringinmulyo, Desa Ringintelu, Kecamatan Bangorejo, selama ini telah rusak parah. Jalan menuju ke Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, itu juga tidak pernah ada perbaikan. Agar tidak membahayakan pengguna jalan, warga yang ada di daerah itu menggelar gotong royong dengan menguruk kubangan yang ada di jalan itu. Oleh warga, kubangan di jalan itu diuruk dengan pasir.

“Jalan ini setiap hari ramai, jadi jalan anak-anak yang akan ke sekolah,” terang Yoga Lautana, 25, salah satu tokoh pemuda setempat.  Menurut Yoga, lubang di jalan  itu cukup dalam. Dalam gotong royong ini, warga menguruk dengan pasir hasil iuran dari warga  sekitar.

“Kita iuran beli grasak, lalu dibuaat menguruk jalan yang berlubang itu,” katanya.  Perbaikan seadanya yang dilakukan warga itu, terang dia, karena selama ini jalan yang ada di kampungnya tidak pernah dilakukan  perbaikan. Untuk jalan yang rusakitu, pernah dilaporkan ke Bupati Banyuwangi melalui twitter, tapi belum ada respons.

“Truk sering lewat sini, sangat bahaya kalau banyak lubang,” jelasnya. Warga lainnya, Dukud Raharjo, 60, mengatakan jalan yang banyak kubangan itu sering menimbulkan kecelakaan, terutama pada siang hari. “Kemarin ada mobil kunduran dum truck,  kalau tidak begitu ada truk akan   guling,” ujarnya.

Dia berharap upaya yang telah dilakukan warga dengan gotong royong itu bisa menjadi  perhatian dari Pemkab Banyuwangi dengan segera diperbaiki. “Semoga segera ditindak lanjuti, itu di barat jembatan juga rawan,” ucapnya.

Kepala Desa Ringintelu, Dodik Hari Susiyanto, mengatakan terkait kondisi jalan itu pihaknya  sudah melakukan pendataan,  dan kini tengah mengupayakan untuk perbaikan di jalan tersebut. “Sudah kita upayakan, rencana perbaikan masih disusun,”  ucapnya singkat.(radar)

Loading...