Sudah Terbang Pukul 01.55 Tadi

0
306
SINAR X: Petugas memeriksa koper milik CJH asal Banyuwangi di Bandara Internasional Juanda Surabaya kemarin.

SEMENTARA itu, rombongan calon jamaah haji (CJH) yang tergabung dalam kloter 73 sudah bertolak ke Makkah pada pukul 01.55 tadi (18/10). Keberangkatan kloter 74 dilaksanakan dua jam berikutnya, tepatnya pukul 04.00 subuh ini.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Karena CJH Banyuwangi termasuk gelombang kedua, maka mereka akan langsung menuju Makkah. CJH gelombang pertama menuju Madinah terlebih dahulu,” kata petugas Bagian Humas kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banyuwangi.

Sebelumnya, rombongan CJH Banyuwangi diberangkatkan Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko dari depan kantor Pemkab Banyuwangi sekitar pukul 21.10 Selasa lalu (16/10).

Suasana haru sangat terasa saat rombongan bus yang mengangkut para tamu Allah tersebut bertolak ke asrama haji Sukolilo, Surabaya. Banyak pengantar yang tidak mampu menahan air mata saat menyaksikan orang terdekatnya naik ke bus.

Bahkan, beberapa pengantar tampak sesenggukan tatkala rombongan bus yang mengangkut 874 CJH yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 73 dan kloter 74 tersebut meninggalkan kantor pemkab. Rombongan CJH asal Banyuwangi sampai di asrama haji Sukolilo, Surabaya, pukul 06.30 kemarin (17/10).

Selanjutnya, CJH yang tergabung dalam kloter ganjil diterima di Hall Mina, sedangkan CJH kloter genap diterima di Hall Zaitun. “Di asrama haji Sukolilo, seluruh CJH menerima berbagai keperluan dalam ibadah haji, seperti masker, obat-obatan sederhana, dan buku kesehatan jamaah haji (BKJH),” ujar seorang petugas Kemenag Di asrama haji tersebut, seluruh koper milik CJH di periksa pihak Bea Cukai Surabaya.

Selain itu, tas mereka juga ditimbang agar tidak melebihi bobot maksimal yang ditetapkan Saudi Arabia Airlines, yakni 32 Kilogram (Kg). Selama di Sukolilo, seluruh CJH juga mendapat sosialisasi kesehatan oleh anggota Tim Kesehatan Haji Indonesia, Mariyono. Sosialisasi tersebut mencakup persiapan jamaah selama di Arab Saudi dan pencegahan influenza.

Acara itu dilanjutkan pemanggilan CJH untuk menerima buku BKJH yang memuat riwayat kesehatan masing-masing jamaah dan hasil imunisasi meningitis dan imunisasi influenza. Petugas juga menyerahkan gelang haji kepada masing-masing CJH.

Gelang tersebut berisi nama lengkap, embarkasi Surabaya kode SUB, nomor paspor, dan nomor kloter. Gelang itu berfungsi sebagai gelang identitas CJH pada saat pemberangkatan dari asrama haji, selama di Arab Saudi, hingga pulang ke tanah air. ()

Loading...