25 Venue Porprov Tuntas

  • Bagikan

PEMKAB Banyuwangi terus berupaya “membayar” kepercayaan ditunjuk sebagai tuan rumah tunggal Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim V Tahun 2015. Salah satunya dilakukan dengan menggeber penyelesaian pengerjaan tempat pertandingan (venue) pesta olahraga paling akbar tingkat Jatim tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang (PUBMCKTR) Banyuwangi, Mujiono mengatakan, ada 35 venue yang akan digunakan pada perhelatan Porprov V di Banyuwangi. Selain venue yang dibangun pemerintah, pesta olahraga dua tahunan itu juga akan menggunakan beberapa sarana olahraga milik swasta.

Dikatakan, venue Porprov Jatim V tersebar di sejumlah kecamatan di Bumi Blambangan, mulai Kecamatan Wongsorejo hingga Glenmore. Hingga kini, kata Mujiono, pengerjaan 25 venue di antara 35 tempat pertandingan Porprov telah rampung dilaksanakan.

Beberapa venue yang telah rampung dikerjakan itu antara lain arena pertandingan cabang olahraga (cabor) tenis lapangan, lintasan atletik, tolak peluru, lempar lembing, dan bola voli indoor di kompleks Gedung Olah Raga (GOR) Tawang Alun, Banyuwangi.

“Sirkuit downhill di Kecamatan Licin dan arena cross country juga sudah oke,” ujarnya.  Sedangkan pengerjaan beberapa venue lain, imbuh Mujiono, proses penyelesaian terus dikebut. Misalnya penyempurnaan venue olahraga sepeda BMX di Muncar, yakni perbaikan kemiringan lintasan, pemasangan gawang berstandar nasional di Stadion Diponegoro, dan perataan tanah di venue aeromodeling di Glenmore.

“Rata-rata progress pengerjaannya sudah 95 persen. Kami optimistis seluruh venue sudah ready ada H minus sepuluh pembukaan Porprov yang akan digelar 6 Juni mendatang,” cetusnya. Informasi yang dikumpulkan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, sebanyak 35 cabor akan dipertandingkan pada Porprov Jatim di Banyuwangi kali ini.

Jumlah cabor tersebut meningkat dibanding Porprov sebelumnya yang hanya mempertandingkan 30 cabor. Sedangkan jumlah atlet yang akan bertanding mencapai 7.500 atlet. Ditambah dengan panitia dan tamu undangan, diperkirakan total sebanyak 9.311 orang akan terlibat dalam even ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Wawan Yadmadi menambahkan, akomodasi penginapan bagi atlet dan offi cial telah disiapkan. Mereka akan ditampung di hotel-hotel yang tersebar di seantero Banyuwangi plus di rumah-rumah kos yang memenuhi kualifikasi tertentu.

Dikatakan, jumlah hotel yang digunakan sebanyak 67 unit dan jumlah kamar kos sebanyak 713 kamar. “Banyak rumah tempat kos di Banyuwangi yang fasilitasnya lengkap dan memadai. Untuk urusan penginapan semuanya sudah selesai,” pungkasnya. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: