50 Anggota DPRD Dilantik

0
1015

50anggotBANYUWANGI – Lembaga DPRD Banyuwangi resmi ditempati anggota baru. Sebanyak 50 calon anggota legislatif (caleg) terpilih hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 dilantik wakil rakyat melalui mekanisme rapat paripurna ikrar sumpah/janji di kantor wakil rakyat yang terhormat tersebut kemarin (21/8). Rapat paripurna ikrar sumpah/janji anggota DPRD Banyuwangi periode 2014-2019 itu sekaligus menandakan berakhirnya masa bakti anggota dewan masa keanggotaan 2009-2014.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Nah, di antara 50 anggota DPRD Banyuwangi periode 2009-2014 tersebut, hanya 19 orang yang kembali menduduki singgasana DPRD Banyuwangi untuk masa bakti lima tahun ke depan. Di tubuh PDIP yang dinyatakan keluar sebagai peraih suara terbanyak Pileg 2014 di Bumi Blambangan, tercatat ada enam nama caleg incumbent yang berhasil mempertahankan kursi empuk DPRD Banyuwangi. Mereka adalah I Made Cahyana Negara, Heksa Sudarmadi, Made Suwastiko, Sugeng Munarso, Sugirah, dan Ficky Septa Linda. 

Empat jatah kursi PDIP yang lain ditempati Salimi, Hery Sugiarto, Irianto, dan Eko Hariyono. PKB yang juga sukses mengantarkan sepuluh caleg ke gedung DPRD Banyuwangi berhasil mendudukkan kembali seluruh caleg incumbent yang kembali bertarung memperebutkan kursi wakil rakyat, yakni A Taufik, Joni Subagio, Anna Anisa, Ahmad Munif Syafaat, Zainal Arifin Salam, dan Khusnan Abadi. Empat kursi tersisa dari parpol berlambang Bola Dunia Sembilan Bintang itu diduduki Siti Mafchrohatin Ni’mah, M. Ali Mahrus, Susiyanto, dan Atiqoh.

Golkar sebagai peraih suara terbanyak ketiga di Banyuwangi berhasil membawa empat caleg incumbent melenggang ke kantor DPRD Banyuwangi. Merekaadalah Umi Kulsum, Marifatul Kamila, Ismoko, dan Ruliyono. Tiga di antara tujuh kursi yang berhasil diraih partai tersebut ditempati wajah-wajah baru, yakni Sofian Susiadi, Suyatno, dan Muhammad Sahlan. Di tubuh partai demokrat, dari lima kursi yang berhasil diraih, hanya ada dua caleg incumbent yang berhasil mempertahankan posisi sebagai wakil rakyat. Mereka adalah Handoko dan Gunawan. 

Tiga kursi tersisa diduduki caleg pendatang baru, antara lain Wendriawanto, Sri Utami Faktuningsih, dan Yusieni. Partai Gerindra yang mendapat perolehan kursi sama banyak dengan Partai Demokrat (samasama lima kursi) hanya berhasil mengantarkan satu caleg incumbent duduk kembali di kursi DPRD Banyuwangi. Uniknya, satu-satunya caleg incumbent yang sukses mempertahankan jabatan anggota DPRD itu justru merupakan caleg yang pindah parpol. Dia adalah Eko Susilo Nurhidayat.

Eko berhasil menduduki jabatan wakil rakyat periode 2009-2014 melalui Partai Republika Nusantara (RepublikaN). Empat kursi sisa “jatah” Gerindra ditempati muka- muka baru; Naufal Badri, Limpat Prawiro Dikdi, Suparman Edy, dan Andik Purwanto. Sementara itu, lima parpol lain yang juga berhasil mengantarkan wakilnya duduk di lembaga legislatif Bumi Blambangan adalah PPP, Hanura, NasDem, PKS, dan PAN. Semua ditempati wajah baru. Dari PPP ada nama Basir, Syahroni, Hasanuddin, dan Syamsul Arifin. 

Wakil rakyat dari Hanura ada nama Basuki Rahmat, Pinjul Ismuwardoyo, Sugiyo, dan Ahmad Masrohan. Anggota dewan wajah baru asal PKS ada nama Neni Viantin Diyah Martiva dan Sukarni. Dari NasDem ada nama-nama fresh, seperti Ali Mustofa dan Agung Setyo Wibowo. Satu anggota dewan tersisa ditempati caleg PAN, yakni Sugiarto. Sementara itu, rapat paripurna istimewa pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Banyuwangi periode 2014-2019 di ruang rapat paripurna kantor dewan kemarin berjalan lancar dan penuh khidmat.

Awalnya, rapat dipimpin ketua DPRD Banyuwangi periode 2009- 2014, Hermanto. Saat menyampaikan laporan kinerja dewan selama lima tahun, Hermanto mengatakan DPRD Banyuwangi telah berhasil mengesahkan 77 peraturan daerah (perda) dan menelurkan 11 keputusan. Pada periode 2009-2014 tersebut, imbuh Hermanto, pimpinan DPRD mengeluarkan 39 keputusan. “Kegiatan rapat-rapat yang dilakukan DPRD, antara lain rapat badan musyawarah DPRD sebanyak 80 kali, rapat badan anggaran sebanyak 96 kali, rapat panitia khusus sebanyak 252 kali, rapat paripurna DPRD sebanyak 256 kali, dan rapat badan legislasi sebanyak 86 kali,” ujarnya. 

Selanjutnya, Ficky Septa Linda yang dipercaya menduduki kursi pimpinan sementara DPRD Banyuwangi didampingi Joni Subagio langsung mengajak anggota DPRD Banyuwangi periode 2014-2019 mencurahkan tenaga, pikiran, dan gagasan untuk Banyuwangi. “Kami siap belajar dari kinerja mantan anggota DPRD yang telah purna. Juga berusaha terus menjaga sinergi dan komunikasi yang sehat dengan jajaran pemkab, forpimda,dan masyarakat Banyuwangi,” kata dia. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya

Kata kunci yang digunakan :