75 Sanggar Seni Digerojok Bantuan Rp 986 Juta

0
680

Ratusan pelaku seni se-Banyuwangi, Senin lalu (15/10) berkumpul di Aula Minakjinggo. Mereka datang untuk menerima bantuan alat kesenian dari Bupati Abdullah Azwar Anas senilai Rp 968 juta.

BANTUAN itu diberikan dalam bentuk uang tunai kepada sekitar 74 sanggar seni dan para seniman yang memiliki  edikasi dalam mengembangkan budaya dan seni lokal Banyuwangi. Bantuan yang diberikan jumlahnya bervariasi. Bantuan untuk sanggar tergantung proposal yang diajukan.

Bantuan untuk kesenian hadrah nilai bantuannya berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Upacara adat seblang Desa Olehsari, Kecamatan Glagah mendapat kucuran Rp 25 juta. Kelompok seni Karawitan mendapat bantuan Rp 50 juta. Sementara, Dewan Kesenian Banyuwangi (DKB) mendapat kucuran bantuan Rp 100 juta.

Pada tahun 2011 lalu, pundi-pundi bantuan juga diberikan kepada pelaku seni di Banyuwangi. Nilainya hanya Rp 700 juta untuk 35 sanggar. Sedangkan tahun 2012, nilai bantuan meningkat menjadi Rp 968 juta. “Dari tahun ke tahun bantuan untuk pengembangan kesenian terus meningkat.

Ini sebagai bentuk komitmen yang terus menerus kami untuk memajukan kesenian dan budaya lokal,” papar Bupati Anas. Dengan bantuan ini ini para seniman dapat mengembangkan dan meningkat kualitas seni sehingga bisa tampil dan mengisi di pentas seni-seni budaya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Ditjen Bimas dan Perguruan Tinggi Hindu Kumpul di Banyuwangi, Apresiasi soal Toleransi