Ajak Warga Bangun RTH

0
296
Abdullah Azwar Anas
Abdullah Azwar Anas
Abdullah Azwar Anas

BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak warga membangun ruang terbuka hijau (RTH) di lingkungan masing-masing. Ajakan Bupati Anas itu disampaikan pada malam puncak acara Banyuwangi Hijau dan Bersih di hall Rumah Makan Pondok Wina kemarin malam (12/12).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam kesempatan itu, Anas menyampaikan pentingnya RTH bagi masyarakat kota. Menurut dia, berdasar teori psikologi pembangunan kota, problem yang dihadapi masyarakat di perkotaan bukan hanya kebutuhan makanan  Lebih dari itu, masyarakat per kotaan juga membutuhkan RTH untuk berinteraksi satu sama lain. “Jika ditambah empat RTH lagi di Banyuwangi, Ta man Sri Tanjung tidak akan se sesak sekarang,” katanya.

Loading...

Sejak selesai dibangun, lanjut Anas, hampir setiap hari Taman Sri Tanjung ramai dikunjungi masyarakat. Yang datang kesana tidak hanya warga perkotaan, tapi juga warga pedesaan. Lantaran RTH masih minim, Bupati Anas mengajak semua pihak membuat RTH di kantor, sekolah, mal, dan lingkungan masing-masing. Membuat RTH di lingkungan masing-masing tidak harus membangun RTH seperti Taman Sri Tanjung. “Kita menargetkan, secara bertahap RTH dibangun di lingkungan pemerintah daerah. Ini adalah roh dan napas Banyuwangi Hijau dan Bersih,” tegasnya.

Beberapa waktu lalu, dirinya mengunjungi Kota Montreal di Kanada. Kota dengan jumlah penduduk 1.584.590 jiwa itu memiliki RTH yang cukup banyak, yakni sekitar 1.700 RTH. Pemerintah Kota Montreal benar-benar memperhatikan RTH bagi penduduk. Banyuwangi masih harus belajar banyak atas pentingnya RTH. “Kita membangun dua RTH saja butuh perjuangan keras dan harus didemo berkali-kali,” ujarnya. Untuk itu, membangun RTH tidak harus dilakukan pemerintah. Kalangan swasta juga bisa partisipasi membangun RTH. “Saya menyampaikan penghargaan kepada semua rakyat yang telah menciptakan Banyuwangi hijau dan bersih,” ucap Anas. (radar)