Angklung Caruk Bangkit Lagi

0
372
TONTONAN LANGKA: Pemain musik tradisional angklung tampil di Taman Blambangan Banyuwangi Sabtu malam kemarin (9/6). Ada dua grup musik yang berhadapan dan adu piawai memainkan alat musik tradisional tersebut.

BANYUWANGI – Pentas musik angklung caruk yang sudah langka, ditampilkan di Taman Blambangan Banyuwangi Sabtu malam kemarin (9/6). Kesenian ini menampilkan dua grup musik angklung dalam satu panggung. Kedua grup tersebut adu piawai dan adu kompak dalam memainkan alat musik tradisional Banyuwangi. Berbagai lapisan elemen masyarakat membeludak untuk menyaksikan kesenian khas Banyuwangi itu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, sekeliling lapangan Taman Blambangan nyaris penuh dengan parkir kendaraan pengunjung. Konsep pergelaran angklung caruk yang ditampilkan malam itu, menggunakan fragmen khitanan. Pertunjukan fragmen tersebut diawali dengan lagu berjudul Sembur Uthik- uthik. Setelah itu ditampilkan pertunjukan fragmen khitanan ‘Sembur Uthik-uthik’ dilanjutkan dengan penampilan angklung caruk.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi, Suprayogi menjelaskan, kesenian angklung caruk merupakan kesenian khas Banyuwangi. Walau sama-sama angklung, namun tidak dimiliki daerah lain. “Angklung Banyuwangi itu khas, dan tidak bisa ditiru daerah lain,” tegasnya. Karena memiliki kekhasan tersendiri, kesenian angklung caruk itu akan terus dikem- bangkan. “Kekhasan angklung caruk banyak diminati daerah lain,” kata pejabat yang tinggal di Jl Bajang Ratu itu. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya

Kata kunci yang digunakan :