Café Gumitir Perluas Bisnis Agrowisata

0
476
GRAND OPENING: Manajer Wilayah I PTPN XII, Endang Sulaiman (tengah) didampingi Manajer Gunung Gumitir, Lukhi Wien Satriono (kanan).
GRAND OPENING: Manajer Wilayah I PTPN XII, Endang Sulaiman (tengah) didampingi Manajer Gunung Gumitir, Lukhi Wien Satriono (kanan).

Akan Buka Rest Area di Kebun Pasewaran


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIBARU – Banyaknya masyarakat yang berkunjung ka rest area Café Gumitir di perbatasan Jember-Banyuwangi membuat PTPN XII terpanggil untuk terus memperluas bisnis di bidang agrowisata. Bahkan, saat ini pihak PTPN XII berencana memperluas area wisata yang saat ini hanya 8000 meter persegi tersebut menjadi 4 hektare.

Hal itu diungkapkan Di rektur Utama PTPN XII, Singgih Ir wan Basri, saat diwawancarai sejumlah wartawan usai grand opening Café Gumitir kemarin pagi. Menurut Singgih, dibukanya rest area Gunung Gumitir tersebut sejalan dengan keinginan pemegang saham melalui deputi BUMN.

Loading...

Tujuannya, memaksimalkan pemanfaatan lahan di bidang bisnis hilir sebagaimana yang dilakukan di perkebunan Gunung Gumitir. Dia menjelaskan, bila lahan PTPN XII bisa dikelola secara maksimal, maka hasilnya juga akan maksimal. Contoh, sekarang lahan PTPXII ada 80.000 hektare, kalau dikelola secara maksimal  seperti bisnis hilir, per hektare dalam setahun bisa menghasilkan Rp 1 triliun lebih.

“Kalau satu hektare setahun bisa menghasilkan satu triliun lebih, kan tinggal mengalikan,” ujarnya. Terkait rest area Gunung Gumitir, lanjut Irwan, rencananya fasilitas dan luas lokasi akan dikembangkan. “Master plannya sudah ada. Kalau tidak salah nanti akan dikembangkan menjadi empat hektare dan akan dibangun kolam,” tuturnya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2