Kumpulan Berita Terkini Seputar Banyuwangi
English VersionBahasa Indonesia

Bangsring Underwater Banyuwangi Makin Indah dengan Konservasi Terumbu Karang

Daftarkan email Anda untuk Berlangganan berita dikirim langsung ke mailbox Anda
Peristiwa
Bangsring Underwater Banyuwangi Makin Indah dengan Konservasi Terumbu Karang

Konservasi terumbu karang di Pantai Wisata Bangsring Underwater, Banyuwangi. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, SUARA INDONESIA – Pantai Wisata Bangsring Underwater kian memikat mata wisatawan dengan keindahan baru melalui aksi konservasi terumbu karang oleh PNM Banyuwangi.

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan aksi konservasi terumbu karang sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan. Penanaman terumbu karang baru difokuskan di Pantai Bangsring Underwater, Banyuwangi.

Penanaman terumbu karang ini diresmikan bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi di Amphitheater Bangsring Underwater Banyuwangi, pada 9 November 2023, dini hari.

Sudah 1/3 atau lebih tepatnya 33,82% terumbu karang di seluruh perairan Indonesia telah mengalami kerusakan atau dalam kondisi yang kurang baik, menurut Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (RPL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). 

Padahal terumbu karang adalah area dengan keanekaragaman tertinggi di bumi, terlebih lagi Indonesia. Urgensi untuk perlindungannya semakin tinggi.

“Kehadiran PNM di tengah-tengah masyarakat juga tidak berhenti pada stakeholders kita saja, tetapi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,” ucap Kepala Divisi TJSL PNM, Mira Damayanti, Minggu (12/11/2023).

Pantai Wisata Bangsring Underwater sendiri adalah salah satu objek wisata di Kabupaten Banyuwangi yang sering menjadi pilihan wisatawan. 

Terumbu karang yang dimiliki oleh pantai ini juga menjadi salah satu daya tariknya. Sehingga revitalisasi yang dilakukan oleh PNM ini nantinya dapat memberikan multiplier effect.

Terus memberdayakan masyarakat Indonesia, PNM juga memiliki komitmen dalam berjalan di setapak keberlanjutan dengan 3 pilar utama yakni ekonomi, sosial, dan lingkungan. 

Terutama untuk giat ini, kata Mira, PNM mengupayakan perwujudan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Poin 14 Ekosistem Lautan dan Poin 13 Penanganan Perubahan Iklim.

“Kami akan terus memonitor agar upaya ini tidak berhenti pada penanaman saja, tetapi sampai adanya pertumbuhan hingga revitalisasi terumbu karang ini betul-betul nyata,” cetusnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon


source

Kata kunci yang digunakan :