Belajar Pentingnya Laut Lewat Komik Sena

0
701

belajarRatusan siswa sekolah dasar memadati Pantai Blimbingsari, Kecamatan Rogojampi, Senin lalu. Mereka datang ke pantai untuk mengikuti sejumlah kegiatan “Aksi Peduli Pantai dan Laut”. Apa saja yang mereka lakukan?


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SALAH satu kegiatan aksi peduli pantai adalah sosialisasi rehabilitasi terumbu karang dan tanaman mangrove. Dalam sosialisasi itu, para siswa diajak melakukan gerakan penyadaran anak pesisir terhadap pentingnya menjaga ekosistem laut. Selain itu, para siswa SD juga diberi pemahaman tentang rehabilitasi terumbu karang dan mangrove demi kelestarian lingkungan. Siswa kelas empat dan lima SDN 1 dan SDN 2 Blimbingsari itu juga diberi pembekalan.

Materi pembekalan adalah pengantar singkat tentang arti penting dan  manfaat laut. Materi itu disampaikan penyuluh swadaya perikanan dan tokoh kelompok nelayan Samudra Bakti. Selama pembelajaran berlangsung, para siswa asyik menyimak paparan dari penyaji. Setelah mengikuti paparan, mereka langsung diajak bermain simulasi ular tangga berukuran besar di halaman parkir Pantai Blimbingsari.

Pada kesempatan itu, sebanyak 20 soal diberikan kepada bocahbocah SD sebagai alat ukur seberapa jauh mereka memahami materi yang disampaikan. Hasilnya cukup memuaskan, sebagian besar siswa yang datang memahami dan mengerti materi yang disampaikan beberapa penyaji Bahkan, para siswa SD itu tidak segan mengajukan pertanyaan terkait hal yang belum dipahami seputar pantai dan laut.

Loading...

Selain diberi pengantar dan wawasan tentang pantai dan laut, para siswa juga diberi buku cerita tentang perbaikan pantai berjudul Sena sang Pelopor. Dalam buku fi ksi tersebut diceritakan bahwa seorang pemuda, bernama Sena asal Desa Sukamaju giat mengajak para warga mengembalikan ekosistem pantai yang rusak akibat penangkapan ikan yang tidak terkendali. Buku itu diharapkan dapat menginspirasi para siswa SD untuk selalu menjaga ekosistem pantai dan laut demi kehidupan manusia.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2