Buka Pendaftaran Beasiswa BWI Cerdas

0
1814
Bupati Anas dan Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiyono foto bersama dengan penerima beasiswa Banyuwangi Cerdas di Pendapa Shaba Swagata Blambangan beberapa waktu lalu.

BANYUWANGI – Pemkab kembali mewujudkan komitmen untuk terus membangun sumber daya manusia (SDM) rakyat Banyuwangi. Yang terbaru, pemkab membuka pendaftaran beasiswa Banyuwangi Cerdas bagi lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kabar baiknya lagi, akses bagi lulusan SMA, SMK, maupun MA, untuk mengikuti program beasiswa Banyuwangi Cerdas kini terbuka kian lebar. Mereka yang tinggal pelosok pedesaan tidak perlu Jauh-Jauh datang ke kantor Dinas Pendidikan (Dispendik).

Sebab, tahun ini pendaftaran program beasiswa tersebut bisa dibuka melalui jalur online di alamat http://pendidikan.banyuwangikab.go.id. Caranya, para calon pendaftar cukup mengunjungi alamat situs resmi yang telah disediakan pihak Dispendik Banyuwangi.

Selanjutnya, calon pendaftar tinggal mengklik menu APPS yang berada di bagian atas beranda situs tersebut. Setelah masuk menu APPS, calon pendaftar tinggal mengklik menu Banyuwangi Cerdas.

Setelah itu, klik tulisan read more pada menu Banyuwangi Cerdas tersebut. Hasilnya, peserta akan disuguhi tabel nama universitas, jadwal pendaftaran, dan menu bertulisan daftar sekarang.

Menu tersebut berisi link untuk menuju formulir pendaftaran yang telah disediakan. Pada formulir tersebut ada beberapa item yang harus diisi. Mulai pilihan fakultas dan jurusan; data diri lengkap dengan nilai ujian nasional (unas); serta isian indikator seleksi yang meliputi kondisi rumah, pekerjaan dan gaji orang tua, dan lain-lain.

Formulir online itu juga dilengkapi item untuk memuat dokumen pendukung, misalnya foto diri, foto rumah, foto lantai rumah, foto kamar mandi, foto akta kelahiran, foto kartu keluarga, surat keterangan tidak mampu dari desa, dan lain-lain.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Dispendik) Banyuwangi, Dwi Yanto, mengatakan setelah menerima berkas yang dikirim para pendaftar secara online, pihak Dispendik akan melakukan seleksi secara online pula.

“Yang sifatnya meragukan akan dilakukan tinjau lapang untuk memastikan calon penerima beasiswa benar-benar berhak,” kata dia. Dwi Yanto menambahkan, ada tiga perguruan tinggi negeri (PTN) yang bekerja sama dengan pemkab terkait penerimaan mahasiswa penerima beasiswa Banyuwangi Cerdas.

Tiga PTN tersebut meliputi Universitas Jember (Unej), Institut Agama islam Negeri (IAIN) Jember, dan Universitas Terbuka (UT) kelompok kerja Jember. “Kuota penerima beasiswa Banyuwangi Cerdas di masing-masing PTN tersebut sebanyak 25 orang. Jadi, total ada 75 orang,” cetusnya.

Dikatakan, tahap pendaftaran beasiswa Banyuwangi Cerdas dibuka mulai Jumat (2/6) hingga Kamis mendatang (15/6). Sedangkan jadwal seleksi masing-masing PTN bervariasi, seleksi IAIN dilakukan 1 Juli, Unej 3 Juli, dan UT pada 4 Juli.

“Penutupan pendaftaran dilakukan sepekan sebelum pendaftaran online di masing- masing universitas yang bekerja sama. Tujuannya untuk verifikasi layak atau tidak mengikuti program Banyuwangi Cerdas. Kalau dinyatakan layak, dipersilakan untuk mendaftar online di perguruan tinggi masing-masing. Pengumuman hasil seleksi PTN dilakukan pada 7 Juli mendatang,” pungkas Dwi Yanto. (radar)

Loading...

APLIKASI PAYROLL HRD YANG SIMPEL DAN MUDAH

APLIKASI PAYROLL HRD YANG SIMPEL DAN MUDAH

Apakah anda pemilik usaha yang masih menggunakan manual (Excel) untuk perhitungan absensi, gaji, pajak, BPJS dan laporan?? Dan apakah Human…
05/24/2018
DKI Jakarta

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :