Bupati Anas Temui GM Telkom

0
291

SURABAYA – Kesiapan Direktur Utama PT. Telkom Tbk, Arief Yahya, membantu mengoperasikan information & communication technology (ICT) Banyu- wangi direspons cepat Bupati Abdullah Azwar Anas. Kemarin (28/8), Bupati Anas langsung menemui General Manager (GM) PT. Telkom Wilayah V Ja- tim, Firdaus, di Surabaya.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam pertemuan itu, Bupati Anas membicarakan teknis pengoperasian ICT Banyuwangi. “Kita ingin melibatkan PT. Telkom dalam penyusunan master plan pembangunan IT Banyuwangi,” tegas Bupati Anas. Dalam kesempatan itu, Bupati Anas memaparkan sejumlah program layanan publik berbasis IT.

Selama ini, Pemkab Banyuwangi sudah menerapkan IT dalam beberapa pelayanan. Salah satunya, pelayanan e-audit. Melalui kerja sama dengan PT. Telkom, Pemkab Banyuwangi ingin mengembangkan lebih luas pelayanan berbasis IT. Salah satu yang sedang di ran cang Bupati Anas bersama PT. Telkom Tbk adalah pelayanan e-office.

Melalui pelayanan ini, semua proses surat-menyurut tidak lagi dilakukan secara manual tapi menggunakan fasilitas e-office. Dengan program ini, la yanan surat-menyurat bisa di lakukan secara cepat dan tepat. “Kalau prosesnya telat, melalui la yanan e-office akan diketahui di mana surat itu telat,” tegas Bupati Anas. Melalui IT, lanjut Bupati Anas, problem administrasi dan problem layanan akan di ke tahui secara jelas.

Dengan fa silitas itu pula, proses ad mi nis trasi bisa dilakukan secara ce pat dan tepat. Selain itu, Bupati Anas juga memaparkan keinginan pemerintah daerah untuk menerapkan e-health. Program ini akan menjadi jembatan la yanan Jamkesda dan Jamkesmas di rumah umum daerah (RSUD) secara cepat. Selama ini, layanan Jamkesda dan Jamkesmas sering telat karena proses administrasi be lum beres dan terkesan berbelit.

Melalui program e-health, layanan Jamkesda dan Jamkesmas bisa di lakukan de ngan cepat secara online. “Melalui program e-health, layanan kesehatan di RSUD dan puskesmas bisa diakses secara online di Dinas Kesehatan,” katanya. Tidak hanya itu, dalam kesempatan yang sama, bupati juga menyampaikan rencana pemberlakuan program e-education.

Saat ini, Pemkab Ba nyu wangi sudah memiliki pro gram layanan berbasis IT sis tem informasi administrasi pendidikan (SIAP). “Namun, program tersebut hanya digunakan sebagai layanan penerimaan siswa baru,” ung kapnya. Nah, fungsi program e-education lebih luas. Melalui program ter sebut, kinerja tiap sekolah dan kepala sekolah dapat dipantau secara online. “PT. Telkom akan mengembangkan Banyuwangi sebagai smart city,” ujar Bupati Anas.

Terhadap paparan Bupati Anas itu, PT. Telkom Tbk me nyatakan sanggup mengoperasikan beberapa program tersebut. Minggu ini tim Telkom akan da tang ke Ba nyuwangi untuk me lakukan pre sentasi beberapa pro gram yang digagas Bupati Anas itu. “Kita akan memberikan la ya nan ber basis IT. Cara ini kita tem puh demi percepatan pem bangunan,” imbuhnya. (radar)

Loading...