Cabor Terancam Mati Suri

0
211
Tidak lama lagi dana sudah turun.
Verifikasi juga
sudah selesai
Ahmad Khairullah
Plt Kepala Dispora

Dana KONI Belum Turun


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Pembinaan olahraga di Banyuwangi te-rancam mati suri. Penyebabnya, hingga saat ini amunisi utama berupa dana dari APBD yang digunakan sebagai bahan bakar utama belum diterima pengurus cabor. Ironisnya, hingga semester pertama, dana yang bersumber dari uang rakyat itu masih ngendondi kas daerah.

Tak pelak, kondisi itu mem-buat pelaku dan penggiat olahraga di Banyuwangi menjerit. Sejumlah kegiatan yang sudah dan akan dilakukan terancam tidak mendapat sokongan dana yang cukup. Imbasnya bisa ditebak, selain pelaku olahraga terancam tekor karena mengeluarkan biaya dari kantong sendiri, sederet kegiatan olah-raga yang akan dilaksanakan di semester kedua tahun 2012 terancam tidak bisa dilaksanakan.

Dampaknya pun jelas, pembinaan olahraga di Ba-nyuwangi terancam mati. Situasi itu sebenarnya sudah dikeluhkan para petinggi ca-bang olahraga kepada KONI dan Dinas Pemuda dan Olah-raga (Dispora). Kedua institusi itu sudah membahas penyebab keterlambatan turunnya dana untuk cabang olahraga tersebut. Biang keladinya pun sudah ketemu, yakni proposal pengajuan yang diajukan banyak yang keliru.

Namun, setelah diperbaiki, ternyata dana yang diharapkan tetap tidak turun. Bahkan, dari sekian banyak proposal, lima proposal pe-ngajuan dana yang dianggap layak juga belum dikucuri dana dari APBD itu. Informasi yang beredar menyebutkan, keterlambatan pencairan dana itu disebabkan prosedur di Pemkab Banyuwangi yang bertele-tele.

Proposal pengajuan harus masuk satu per satu ke tim verifikasi anggaran yang be-ranggota tujuh pejabat penting di pemkab. Alhasil,hingga awal semester kedua tahun 2012, proposal cabor itu masih ngendon di meja pejabat Pemkab Banyuwangi.

Keterlambatan pencairan dana itu disikapi lain oleh Dispora. Plt Kepala Dispora Ahmad Khairullah menyatakan, pencairan dana tinggal selangkah lagi. Hanya saja, Khairullah belum bisa memastikan kapan waktu pencairan. “Yang pasti tidak lama lagi dana sudah turun. Verifikasi juga sudah selesai,” katanya. (radar)

Loading...